oleh

‘Liwo’ Aneka Ragam Kuliner Hiasi Penyelenggaraan HUT Wakatobi ke-15

Wakatobi, HarapanSultra.COM | Peringatan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Wakatobi tiap tahunnya tampak unik hingga peringatan ke-15 tahunnya kali ini masih terus diadakan jajaran organisasi perangkat daerah(OPD) lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Wakatobi diselenggarakan dilapangan Merdeka Wangi-Wangi. Senin(18/12/2018)

Adalah ‘Liwo’ sajian kuliner ala Kabupaten Wakatobi yang terus ditampilkan pada momentum hari jadi bahkan diacara spektakuler Wakatobi seperti halnya Wakatobi Wonderful Festival and Expo(Wakatobi Wave), ‘Liwo’ menjadi pelengkap acara.

Meski minim cerita tetua adat setempat mengenai sajian kuliner yang ditampilkan tiap event-event penting itu namun nampaknya telah membudaya dan berhasil diadopsi Pemda Wakatobi dimana tidak sekedar pelengkap ritual tolak bala dan permintaan doa pasca ucapara diselenggarakan namun juga menjadi upaya silaturahmi apalagi secara umum masyarakat dipersilahkan ikut mencicipi isi ‘Liwo’ yang berisi penuh sejumlah aneka makanan.

‘Liwo’ sendiri merupakan sajian kuliner berupa aneka makanan hasil laut maupun hasil pertanian yang dikemas secara tradisional dan disimpan dalam wadah yang biasa masyarakat setempat menyebutnya ‘talang’,tempat makanan khusus dengan diberi berapa hiasan.

Uniknya sejumlah aneka makanan siap saji itu tersusun rapi pada setiap susunan berisi ragam kuliner sementara penyanggah luarnya berupa potongan bambu yang diapit dengan makanan pula lalu beberapa telur yang ditusuk dibagian ujung atas wadah itu.

Namun ada aturan menyantapnya. Apabila para tetua adat mengakhiri semua mantra-mantra yang dibaca dan diamini Bupati,Wakil Bupati serta seluruh jajaran Muspida yang ikut doa-doa sakral itu. (AD)

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA