oleh

Man Arfa : GAUL diharapkan Bantu Masyarakat Bombana Akses Pangan Berkualitas Dengan Harga Terjangkau

-Harapan-1115views

Bombana,HarapanSultra,COM / – Dalam rangka mempersiapkan Bulan Suci Ramadhan 1445 H, Pemerintah Daerah Kabupaten Bombana, bersinergi dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Dinas Ketahanan Pangan, telah meluncurkan inisiatif Gerakan Pangan Murah Keliling (GAUL). Kegiatan ini diadakan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Eks MTQ Bombana pada hari Kamis, 29 Februari 2024, sebagai langkah proaktif untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bombana, Drs. Man Arfa, M.Si, mewakili Penjabat (Pj.) Bupati Bombana, mengungkapkan bahwa GAUL adalah upaya strategis untuk mencegah inflasi harga pangan yang sering terjadi menjelang bulan puasa.

“Inisiatif ini dirancang untuk mengintegrasikan petani lokal, pedagang, dan konsumen dalam sistem distribusi pangan yang efisien dan terjangkau, memastikan masyarakat dapat menikmati pangan berkualitas dengan harga yang lebih stabil,” ujar Man Arfa saat membuka kegiatan tersebut

 

Meski terjadi kenaikan harga pangan, terutama beras, akibat efek El Nino yang berdampak pada musim tanam, Drs. Man Arfa menjamin bahwa kenaikan harga tetap terkendali. Berdasarkan laporan TPID, stok beras di Kabupaten Bombana diprediksi cukup untuk periode Ramadhan dan Idul Fitri, dengan produksi beras pada bulan Maret mencapai sekitar 807,37 ton, ditambah dengan impor sekitar 1.500 ton, dan pada bulan April sebanyak 5.853,29 ton.

Lebih lanjut, beliau menyoroti bahwa Indeks Perkembangan Harga (IPH) pada akhir Februari 2024 menunjukkan penurunan sebesar -0,764%, dengan komoditas seperti cabai rawit, cabai merah, dan bawang merah memberikan kontribusi signifikan terhadap penurunan IPH.

“Kami berkomitmen untuk menjaga kestabilan harga dan memastikan ketersediaan pangan,” ungkap Drs. Man Arfa.

Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bombana itu menekankan pentingnya peningkatan produksi pangan, pemanfaatan lahan kosong, operasi pasar, dan kerjasama antardaerah untuk mendukung inisiatif ini.

“Kami berharap kegiatan GAUL dapat mendukung ketersediaan suplai komoditas dan membantu masyarakat Bombana dalam mengakses pangan berkualitas dengan harga yang terjangkau,” tutup Punkas Jenderal ASN di Kabupaten Bombana, menandai harapan besar terhadap suksesnya program ini.

Tentang GAUL Gerakan Pangan Murah Keliling (GAUL) adalah program yang dirancang untuk memperkuat ketahanan pangan dan mengendalikan inflasi harga pangan di Kabupaten Bombana. Dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk petani, pedagang, dan konsumen, GAUL bertujuan untuk menciptakan sistem distribusi yang efektif dan memudahkan akses masyarakat terhadap pangan berkualitas dengan harga yang wajar.

 

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA