oleh

Masyarakat Liya Harapkan Perda Penataan Wilayah Hutan Lindung

-Harapan-15.541views

Wakatobi,HarapanSultra.COM | Pada Kegiatan reses yang digelar salah seorang anggota dewan perwakilan rakyat kabuputen Wakatobi, La Ode Nasrullah, belum lama ini, masyarakat Liya meminta agar persoalan pemetaan wilayah hutan lindung dapat ditinjau kembali dan dibuatkan perda oleh pemerintah.

Salah seorang masyarakat liya, Aba Ahmad menyebut pemetaan hutan lindung yang telah diatur oleh pemerintah pusat sangat merugikan masyarakat. pasalnya, hampir semua wilayah yang tidak di domisili oleh warga masuk dalam kawasan hutan lindung.

“Harapannya kita ke depan adalah dengan adanya beliau di DPRD ini, supaya Perda tentang hutan lindung dapat dikaji. artinya ada dorongan dari pemerintah melalui DPRD untuk disampaikan ke pusat,”ucapnya, senin (18/11/2019).

Menurutnya, pemetaan kawasan hutan lindung tersebut ditetapkan sejak Wakatobi masih masuk dalam daerah buton yang mana kepulaun tukang besi masih dianggap sebagai kawasan taman nasional dan secara tidak langsung masuk dalam kawasan hutan lindung.

Senada dengan apa yang yang disampaikan Aba Ahmad, ketua BPD desa Liya Togo, Harjo menjelaskan bahwa jika merujuk pada undang-undang maka kawasan wilayah yang sudah ditetapkan tersebut tidak sesuai kriteria untuk masuk sebagai kawasan hutan lindung.

“Harus diperjelas kembali tentang kawasan hutan lindung ini. Sebab, jika semua dijadikan hutan lindung maka dimana lagi tempat yang akan dijadikan masyarakat untuk mengambil kayu dan keperluan lain yang hanya ada di hutan?,”terangnya.

Pada Akhir kegiatan, La Ode Nasrullah menjawab semua yang dinginkan masyarakat. Pemuda yang akrab disapa Rulla itu mengatakan dirinya akan berupaya untuk merealisasikan apa yang dinginkan masyarakat.

“Ini akan menjadi salah satu bahan kajian kami dan teman-teman yang lain khususnya Badan Pembentukan Peraturan Daerah di DPRD dalam rangka membuat Peraturan Daerah yang benar-benar menjawab keresahan masyarakat,”pungkasnya.

Laporan ; Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA