oleh

Mengenal Lebih Dekat La Amiri, SH,MH. Tetap Maksimalkan Kinerja Menjelang Pensiun

Read Offline:

Batauga, HarapanSultra.COM | Lepas dari segala jabatan yang melekat padanya, La Amiri, SH., MH sebagai seorang Birokrat pada Pemerintah Kabupaten Buton Selatan Ia adalah seorang suami yang selalu hadir untuk anak dan Istrinya.

Awak Media Harapan Sultra, berkesempatan berbincang banyak dengan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Buton Selatan, di Kantornya, Kamis (30/10/2019).

Pada kesempatan tersebut, Kami banyak menyinggung soal isu tentang peran peran Balitbang dalam menyokong terwujudnya Visi Pemerintah Kabupaten Buton Selatan, Peran sebagai Masyarakat Buton Selatan, juga sisi lain seperti bagaimana mendidik anak, dan bercerita tentang Riwayat hidupnya hingga ia menjabat sebagai Kepala Balitbang.

Dalam wawancara yang berlangsung hampir satu jam, mantan Pengurus LBH Bina Wakili ini tampak sangat bersemangat bercerita sambil sesekali bercanda.

Berbincang santai dengan Abady Makmur dari Media Harapan Sultra, berikut kutipan wawancara bersama dengan Kepala Dinas Balitbang Kabupaten Buton Selatan ;

Dikantor, Bapak kelihatan santai dan akrab dengan Stafnya, bagaima menata hubungan dengan staf di kantor ?

Selaku pimpinan, tentu saya harus menempatkan staf staf saya sebagai teman, dengan begitu kami akan selalu merasa ada kedekatan emosional sehingga tidak ada jarak antara saya dengan mereka. Sikap ini selalu saya terapkan dalam keseharian saya.

Pemimpin yang baik itu, bukanlah pemimpin yang selalu ingin diperlakukan sebagai atasan, tetapi pemimpin yang bijak itu adalah mereka yang selalu menempatkan staf stafnya sebagai teman.

Sikap ini menjadi salah satu pendekatan dalam memimpin agar apa yang menjadi tujuan Organisasi dapat tercapai secara optimal.

Bagaimana caranya agar stafnya selalu dekat, sehingga mereka bisa bekerja dan berkarir tanpa hambatan ?

Caranya, sederhana saja. jika ada waktu lowong, saya selalu mengajak mereka ngobrol mulai hal hal yang kecil hingga urusan tugas kantor. mengenai tempat ngobrol, terkadang saya yang harus mendekati mereka di ruangan masing-masing. kadang juga kami ngobrol sambil ngopi, seperti yang kita lakukan seperti ini.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Buton Selatan, La Amiri, SH., MH
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Buton Selatan, La Amiri, SH., MH

Apa cara ini juga diterapkan dalam Keluarga ?

Iya. Cara ini juga saya terapkan dalam keluarga. Sebagai Kepala Keluarga saya selalu menempatkan anak-anak dan istri sebagai teman berdiskusi, maksudnya agar dalam mengambil keputusan semua anggota keluarga dapat berkontribusi untuk menyampaikan pendapatnya.

Beberapa waktu lalu, saya dapat informasi jika Bapak sudah memasuki usia pensiun. tapi saya melihat Bapak tetap semangat nampak seperti orang yang masih lama memasuki pensiun. boleh jelaskan ?

Memang benar. Inshaa Allah saya akan pensiun pada Bulan Desember 2019 ini. meskipun saya akan istrahat dua bulan kedepan, namun saya tetap harus semangat dalam menjalankan tugas sebagai Kepala Balitbang. jika saya tidak semangat, bagaimana dengan staf saya ?

Balitbang, merupakan salah satu OPD di tingkat Kabupaten, apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab dalam penyelenggaraan Pemerintahan ?

Salah satu tugas Balitbang adalah menyusun kebijakan teknis, rencana dan program kelitbangan Pemerintahan Kabupaten. untuk itu saya sedang mempersiapkan program kegiatan penelitian dibidang kebudayaan yakni penyusunan dokumen Sejarah berdirinya Kabupaten Buton Selatan, sebagai Daerah Otonom terpisah dari Kabupaten Buton.

Tentu, saya sangat berharap rencana kegiatan ini akan mendapat respon positif dari semua pihak termasuk BAPPEDA dan Badan Anggaran DPRD Kabupaten Buton Selatan. karena bagaimanapun besarnya keinginan saya untuk menjadikan kegiatan itu sebagai kegiatan yang akan saya programkan untuk 2020, itu tidak akan tercapai jika tidak ada alokasi anggaranya.

Jika ada yang bertanya, kenapa harus ini yang menjadi Program di tahun 2020 nanti, sebetulnya kalau bicara program, itu banyak. apalagi Kabupaten Buton selatan ini adalah Daerah Baru sehingga harapan saya, ketika penyusunan Sejarah Kabupaten Buton telah selesai, akan menjadi karya tersendiri dan akan dikenang setiap pelaksanaan HUT Kabupaten Buton Selatan.

Buton Produktif 2020 bagaimana ? Masih ada keinginan Bapak untuk mewujudkan sementara sebentar lagi pensiun ?

Tentu saja saya sangat berharap. karena apa yang menjadi harapan Bupati Buton Selatan itu merupakan akumulasi dari harapan Masyarakat Buton Selatan secara keseluruhan sehingga menjadi kewajiban kita semua termasuk saya dan anda untuk kemudian bersama sama mewujudkanya.

Tapi kan Bapak sudah hampir pensiun pak, apa yang perlu dilakukan sebelum memasuki usia pensiun ?

Meskipun saya akan pensiun pada bulan Desember ini, namun saya harus tetap semangat dong ? Kalau bicara soal pelaksanaan kegiatan, secara normal saya ngga berkesempatan lagi , tetapi saya ingin melakukan dua hal.

Yang pertama, sambil menunggu waktu berakhirnya tugas saya, target saya adalah bagaimana saya dapat merubah mainset atau cara pandang staf saya agar mereka selalu berpikir produktif, jika mereka sudah memiliki pikiran yang produktif, maka tindakan mereka akan produktif pula. Agar begitu ada pengganti saya nanti, mereka tetap memberikan kontribusi dalam sikap dan tindakan yang produktif pula.

Yang kedua, saya akan memaksimalkan upaya saya dengan tetap mendorong agar beberapa kegiatan yang berkaitan dengan kelitbangan dapat diakomodir dalam APBD kabupaten Tahun Angaran 2020. agar apa yang menjadi harapan Bapak H. Laode Arusani sebagai Bupati dapat diwujudkan demi kesejahteraan masyarakat.

Kedua hal ini akan saya maksimalkan selama kurang lebih dua bulan ini.

Selain Kegiatan Penyusunan Sejarah Buton Selatan, apalagi yang menjadi target dalam penyusunan RKA-SKPD di 2020 ?

Selain mendorong penyusunan Sejarah Kabupaten Buton selatan, saya juga berkeinginan untuk mendorong adanya penelitian terhadap penyebab tidak berhasilnya komoditas unggulan jenis Jeruk Siompu, agar dari hasil penelitian itu kita dapat jadikan sebagai referensi kita dalam mengembangkan produk unggulan Buton Selatan.

yang Terakhir Apa rencana Bapak untuk mengisi masa masa pensiunya ?

Inshaa Allah, kalau diberikan kesehatan dan kesempatan, saya ingin focus mengurus keluarga. namun disamping itu saya ingin kembali mengabdi membantu Pemerintah dalam penegakan hukum karena saya berasal dari sana.

Kelak saya akan aktif pada Lembaga Bantuan Hukum yang pernah saya pimpin yakni LBH Bina Wakili, singkatan dari Biwinapada, Wakinamboro dan Tongali. ketiga nama Desa yang di Kecamatan Siompu itu saya satukan menjadi sebuah nama LBH dengan maksud untuk mendedikasikan diri saya kepada keluarga dan sekaligus memberi kebangaan tersendiri buat saya sebagai orang yang lahir dan dibesarkan di Kecamatan siompu.

ProfilĀ  Singkat :
Nama :

La Amiri, SH,MH

Riwayat Pendidikan :

SD : SD Biwinapada, 1972.
SLTP : SMEP Siompu
SLTA : SMEA Negeri Bau-Bau 1979
Sarjana Muda Hukum : 1984
Sarjana Strata 1 Hukum : UHO 1993
Magister Hukum di UMI Makassar, 2010

Read Offline:

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA