oleh

Mengudara Lagi di Wakatobi, Garuda Diklaim Bakal Mendongkrak Kunjungan Wisatawan

Wakatobi, HarapanSultra.COM | Setelah melakukan pertemuan bersama dengan pihak Garuda beberapa waktu lalu, Pemerintah kabupaten Wakatobi mendapatkan sinyal positif dari pihak Garuda bahwa maskapai penerbangan nomor wahid di Indonesia tersebut bakal mengudara lagi di Wakatobi pada akhir Maret 2020 mendatang. Hal itu diungkapkan kepala dinas pariwisata kabupaten Wakatobi, Nadar diruang kerjanya, Rabu (29/1/2020).

Nadar mengatakan, dengan masuknya Garuda kembali ke Wakatobi, diharapkan mampu mendongkrak angka kunjungan wisatawan.

“yang menjadi kendala kita di Wakatobi adalah masalah akses kita masih terbatas. Dengan adanya Garuda diharapkan masalah aksesibilitas ini bisa terjawab. kedepannya untuk menggeliatkan pariwisata ini akan semakin bagus,”tuturnya.

Ia melanjutkan, dengan beroperasinya maskapai penerbangan Garuda di Wakatobi, beberapa segmen pariwisata seperti Wisata MICE (Meeting, Incentive Convention and Exhibition) sudah akan sering digelar di Wakatobi.

Diakui, hadirnya kembali Garuda Wakatobi begitu penting, pasalnya penurunan angka wisatawan baru-baru ini, salah satu penyebabnya adalah keterbatasan jumlah pesawat yang mengudara ke Wakatobi hingga terjadi kekurangan jumlah sit dan juga harga tiket yang melonjak naik.

“Dampak secara nasional kan terasa dari kenaikan harga tiket maupun bagasi yang sudah berbayar. Hal itu memukul industri pariwisata kita bukan hanya di Wakatobi tapi secara nasional. kemudian karena sit terbatas, bayangkan di tahun 2018 kita ada dua penerbangan tapi di 2019 hanya ada satu. Sementara kita tahu bahwa kunjungan wisatawan ini kebanyakan menggunakan akses pesawat,”terangnya.

Dalam mengupayakan agar beberapa maskapai penerbangan tetap eksis, Dinas Pariwisata akan menggandeng seluruh pelaku pariwisata seperti pengusaha jasa transportasi, Asosiasi Travel Agency (ASITA), Persatuan Hotel Republik Indonesia (PHRI), serta Dinas Perhubungan agar semakin meningkatkan promosi pariwisata.

Agar diketahui, pada petermuan pemkab Wakatobi bersama Maskapai penerbangan Garuda pada Senin (27/01/2020) lalu, Branch menager PT. Garuda Indonesia Airways (GIA) cabang Kendari, Syaiful Bahri mengatakan akan mengoperasikan pesawat jenis ATR72 berkapasitas 70 penumpang. beroperasi di Wakatobi dengan rute penerbangan Wakatobi Kendari Baubau Makassar dengan jadwal penerbangan tiga kali dalam seminggu.

Laporan ; Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA