oleh

Meski Tak Ada Alat Pendeteksi Virus Corona, Bandara Matahora Dipastikan Aman

Wakatobi,HarapanSultra.COM | Virus Corona yang menghebohkan publik akhir akhir ini memicu kewaspadaan banyak pihak. Termasuk pemerintah Indonesia yang dengan itu berupaya memulangkan warganya yang sedang berada di Cina.

Mengantisipasi penyebaran virus lewat masuknya warga negara asing ke Indonesia, beberapa bandara memasang alat pendeteksi suhu tubuh untuk memastikan orang yang masuk ke Indonesia bebas dari virus yang dapat menyerang lewat saluran pernafasan tersebut.

Kendati demikian, tidak semua bandara di Indonesia dipasang alat pendeteksi suhu tubuh. Bandahara matahora misalnya, meski Wakatobi sebagai daerah tujuan wisatawan yang mana selalu berdatangan wisatawan asing ke tempat ini, hal itu tidak menimbulkan kekhawatiran pihak bandara.

Kepala subseksi teknik, operasi keamanan dan pelayanan darurat, UPBU Bandara Matahora Kamaluddin mengatakan, untuk bandara kelas III seperti bandara Matahora tidak perlu memasang alat tersebut. Sebab menurutnya, wisatawan asing yang datang ke Wakatobi telah melewati bandara internasional.

“Kita belum ada fasilitasnya disini dan yang mempersiapkan itu sebenarnya dari karantina kesehatan pelabuhan. Antisipasi sekarang secara nasional diketatkan di bandara-bandara internasional atau di bandara yang banyak pekerja-pekerja Cina,”ucap Kamaluddin, diruang kerjanya, Jum’at (30/01/2020).

Ia berharap, meskipun bandara Matahora belum menjadi bandara internasional, berbagai fasilitas kedepan akan semakin lengkap.

“Sebab ada rencana bandara ini akan diperpanjang sejauh 500 meter, semoga saja kita bisa menjadi bandara internasional kedepannya,”pungkasnya.

Laporan ; Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA