oleh

Momentum Sumpah Pemuda, Pelajar dan Mahasiswa Wakatobi Mendeklarasikan Diri

-Harapan-1143 views
Read Offline:

Wakatobi, HarapanSultra.COM | Puluhan Pelajar dan Mahasiswa kabupaten Wakatobi memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 oktober di Bypass Marina, Senin (28/10/2019).

Hari yang menjadi momentum bersejarah itu dimanfaatkan pemuda untuk mendeklarasikan diri agar tetap bertanah air satu, berbangsa satu serta tetap menjunjung tinggi bahasa persatuan yakni bahasa Indonesia.

Pemandu kegiatan mengatakan, Kegiatan ini digelar untuk menyatukan pemuda kabupaten Wakatobi yang selama ini telah memiliki sekat-sekat dan ego dari berbagai komunitas.

“Pemuda adalah garda terdepan untuk memajukan kabupaten Wakatobi sehingga sudah sepatutnya kita semua bersatu untuk menggalang kekuatan. Pemudalah juga yang akan menjadi pengontrol kebijakan pemerintah maka sudah sepatutnya bersatu adalah harga mati,”teriak Adyanto dalam orasinya.

Pembacaan Puisi

Kegiatan tersebut mendapat sambutan baik dari pihak Kesbangpol dan dikawal langsung oleh kepolisian. Kepala bidang Kewaspadaan Nasional Kesbangpol, Suwarman mengatakan bahwa sudah menjadi tanggungjawab pemuda untuk memajukan bangsa.

“Kita tahu bahwa pemuda adalah agen pembaharu, agen kontrol sosial yang kemudian akan menjadi pengisi roda pembangunan yang akan datang. Kami bersyukur, pemuda masih peduli dengan Wakatobi terwujud dengan diadakannya deklarasi sumpah pemuda yang berjalan dengan kondusif serta terima kasih kepada Kepolisian yang telah mengawal kegiatan ini. Musuh kita bukanlah Polisi tapi musuh kita bersama adalah ketidakadilan,”ucapnya.

Selain deklarasi persatuan, kegiatan hari sumpah pemuda ini dirangkaikan pembacaan puisi, orasi ilmiah, pembakaran obor membentuk angka 28 dan 91, serta deklarasi dibentuknya LSM Sumpah Pemuda Indonesia.

Laporan ; Samidin

Read Offline:

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA