oleh

Mudahkan Monitoring Alumni IAIN Kendari, FEBI Gelar Pelatihan “Tracer Study”

Kendari, Harapan Sultra. Com-Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari gelar pelatihan Tracer Study (Cendy) dari tanggal 28 hingga 30 Oktober 2019 guna permudah dalam melakukan Survey Alumni Perguruan tinggi terbesar itu yang tersebar di 17 Kabupaten Kota Se-Sulawesi Tenggara, Selasa (29/10/2019).

Dikatahui, Istilah Tracer Study diperkenalkan oleh Sekjen IKA SUKA (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga) Yogyakarta, Abdur Razaki dihadapan para peserta yang terdiri dari beberapa Alumni, Kepala Sub Bagian dan Para Kepala Program Studi (Prodi) serta Unit Pengembangan SDM lainnya.

Selain demi kepentingan Akteditasi Perguruan Tinggi (PT) Kata Abdul Rozaki, Melalui Tracer Study tersebut juga sangat tepat untuk pemberdayaan calon sarjana untuk menyongsong dibutuhkannya lapangan kerja.

“UIN Yogyakarta terbilang sukses terapkan Tracer Study ini, dan hasilnya semua berjalan efisien dan efektif seperti silaturahmi terbangun dan juga penyebaran pengangguran para Sarjana muda relatif menurun berkat Koneksi Alumni dimana pun berada,” Kata Mantan Aktivis 98 itu saat menyampaikan Materi Diklatnya diruang Aula Gedung Pasca Sarjana IAIN Kendari.

Mendatangkan Bimbingan dari perguruan tinggi ternama di Indonesia (UIN Sunan Kalijaga) seperti Dr. Abdul Rozaki, M.Si, Dr. Ahmad Salehuddin, MA dan Sitti Rohaya, MT, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam melalui Pembantu Dekan Bidang Kesiswaan, Dr. Sodiman mengatakan bahwa data alumni merupakan kendala yang sering kali menjadi masalah saat perguruan tinggi berada pada tahapan akreditasi.

Dosen dengan Backraund Ilmu Pendidikan dan keguruan itu berharap setelah terselenggaranya pelatihan tersebut bisa terjalin konektifitas antara Alumni, mahasiswa serta perguruan tinggi.

“Kalau penjaringan alumi ini berhasil kita terapkan di IAIN Kendari, maka kedepan antara para Alumni, mahasiswa dan perguruan tinggi akan terjalin konektifitas yang saling membutuhkan,” ucap Sodiman kepada jurnalis¬†harapansultra.com.

Laporan : Hir.

 

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA