oleh

Muhammad Al Iksan Ajak Masyarakat Buton Selatan Manfaatkan Pekarangan Rumah

Batauga, HarapanSultra.COM | Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Buton Selatan, Muhammad Al Iksan, S.Pd,M,Si mengharapkan kepada semua masyarakat khususnya para petani untuk memanfaatkan pekarangan rumah untuk mengembangkan sayur sayuran untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari hari.

Hal ini ditegaskan Al Iksan saat menerima kunjungan Tim Tenaga Ahli Program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Buton Selatan,pada hari Jumat, 14 Pebruari 2020 di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Buton Selatan.

Mantan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Buton Selatan menguraikan bahwa untuk mewujudkan ketahanan Pangan di Buton Selatan maka langkah awal yang harus dilakukan oleh pihaknya adalah merubah mindset atau cara pandang petani mengenai pentingnya pemenuhan kebutuhan pangan dalam kehidupan sehari hari.

” Pemenuhan pangan menjadi sangat penting untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat menuju strategi untuk mendukung pencegahan dan penanganan stunting di Kabupaten Buton Selatan sebagai Kabupaten yang termasuk locus penanganan stunting,“ Imbuhnya

Mantan Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan menambahkan, selain berupaya merubah mindset para petani agar mau menanam sayur, Dinas Ketahanan pangan juga akan mensosialisasikan pemanfaatan lahan pekarangan baik menanam secara langsung di lahan lahan pekarangan petani maupun upaya budidaya sayur melalui sistim hidroponik dengan menggunakan teknologi sederhana dan memanfaatkan sumber mata air yang tersedia.

” Untuk mendorong rencana itu, Saya akan memulai membuat pilot project pemanfaatan lahan Pekarangan pada halaman kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Buton Selatan, selanjutnya akan disosialisasikan agar semua kantor Dinas dapat mendorong pemanfaatan pekarangan untuk mengembangkan Tanaman sayur di Halaman kantor,” tambahnya.

Sementara itu Tenaga Ahli Perencanaan Partisipatif (TA-PP) Kabupaten Buton Selatan yang hadir dalam pertemuan tersebut, Amiruddin Majid, SP, mengatakan bahwa Pihaknya sepakat guna mendukung rencana Dinas Ketahanan Pangan dalam mendorong petani untuk memanfaatkan lahan pekarangan masing-masing.

” Jika memungkinkan Tahun 2021, Saya akan mendiskusikan rencana tersebut pada rapat terbatar OPD teknis terkait sinkronisasi hasil Musrembang 2021 yang menurut rencana akan digelar pada akhir Pebruari 2020 yang akan difasilitasi oleh Badan perencanaan Pembangunan Darah kabupaten Buton Selatan,” Tutur Amiruddin Majid. (AM)

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA