oleh

Nelayan Wakatobi Komitmen Tidak Melintas Batas Negara Lain

Wakatobi, HarapanSultra.COM | Nelayan yang ada di Kabupaten Wakatobi berkomitmen tidak akan melintas negara lain. Komitmen itu dibacakan pada kegiatan pemberian pemahaman kepada nelayan untuk tidak melintas negara lain yang diselenggarakan direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) di desa Mola selatan, Jumat (30/08/2019).

Komitmen bersama seluruh lapisan masyarakat Mola Selatan, forkopimda serta instansi vertikal tersebut berkomitmen bahwa tidak akan melakukan penangkapan ikan di wilayah perairan negara lain atau melintas batas, serta mendukung upaya pemerintah Republik Indonesia untuk memberantas bom dan bius di wilayah perairan Indonesia, dan berperan aktif memberitahukan dan mengajak nelayan lainnya untuk tidak melakukan penangkapan ikan di wilayah perairan negara lain atau melintas batas negara lain dan mendukung pemberantasan bom dan bius di wilayah perairan indonesia.

Penandatangan komitmen bersama

Plt direktur penanganan pelanggaran kementerian kelautan dan perikanan, M. Eko Rudianto yang turut hadir dikegiatan tersebut mengungkapkan bahwa dari data yang dimiliki oleh kementerian pada tahun 2018 ada 77 orang nelayan Indonesia yang telah tertangkap di luar negeri. Ada sebanyak 15 orang yang berasal dari kabupaten Wakatobi.

“Pada tahun 2019 ini kami temukan 88 orang yang yang tertangkap luar negeri namun alhamdulillah di Wakatobi mengalami penurunan yakni hanya 6 orang,” tuturnya.

Bupati Wakatobi, Arhawi melalui sambutan yang dibacakan oleh Wakilnya Ilmiati Daud mengatakan nelayan kabupaten Wakatobi yang tertangkap diluar negeri perlu ada pembahasan lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait.

“Hal ini agar masyarakat dapat memahami hak dan kewajibannya dalam pemanfaatan sumber daya perikanan dengan tidak melewati batas negara lain,” ucapnya.

Diketahui, aturan mengenai larang melintas batas negara lain ini telah tertuang dalam UU Nomor 31/2014 sebagaimana diubah dalam UU nomor 45 tahun 2009 tentang perikanan Serta perjanjian indonesia dengan negara lain ( MoU BOX 1974). (adm)

Laporan : Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA