oleh

Nobar Debat Capres, Ketua Karang Taruna Bombana Ungkap Visi dan Misi Favoritnya

-Harapan-1161views

Bombana,HarapanSultra, COM / Untuk lebih mendalami visi dan misi calon presiden pada tahun pemilu mendatang, Ketua Karang Taruna Bombana, Andi Firman, mengadakan nonton bareng debat capres putaran ketiga di Warkop De’Ran, Rumbia, Kabupaten Bombana pada Minggu (07/01/2024).

Acara nonton bareng debat capres ini dihadiri oleh sekitar 50 orang, yang terdiri dari anggota Karang Taruna, pemuda-pemudi setempat, dan masyarakat umum. Mereka menyaksikan debat yang disiarkan langsung oleh stasiun televisi nasional, yang mengangkat tema “Keamanan dan Pertahanan Negara”.

Pada kesempatan ini, Andi Firman memaparkan bagaimana mengenal karakter masing-masing calon presiden. Menurutnya, dari sinilah masyarakat mengetahui arah kebijakan pemerintah ketika mereka menjadi pemimpin ke depan.

“Kita harus tahu siapa yang akan memimpin negara ini lima tahun ke depan. Apa visi dan misinya, apa program-programnya, dan bagaimana cara merealisasikannya. Kita tidak boleh asal pilih, tetapi harus pilih yang terbaik untuk Indonesia,” ujar Andi Firman.

Sehubungan dengan presentasi pemilih sekarang adalah generasi milenial, Andi Firman berpendapat bahwa negara ini memerlukan pemimpin yang bisa mewakili kelompok milenial. Di antara ketiga capres ini, yang memiliki kesetaraan antara kaum tua dan kaum muda ada di pasangan calon nomor urut dua.

“Politik itu tidak hanya tentang besarnya kekuasaan atau mempertahankan kekuasaan, tetapi yang terpenting adalah menciptakan kesetaraan antara yang tua dan muda. Kita butuh pemimpin yang bisa mengayomi semua lapisan masyarakat, yang bisa menghargai perbedaan, dan yang bisa berkolaborasi dengan semua pihak. Saya melihat hal itu ada di paslon nomor dua,” tutur Andi Firman.

Menurut Andi Firman, poin penting yang dapat diambil dari pemaparan dari ketiga calon presiden ini adalah untuk menciptakan keamanan dan pertahanan negara, maka kunci yang utama adalah negara harus kuat baik dari segi ekonomi dan aspek pendukung lainnya.

“Kalau negara kita kuat, maka kita bisa melindungi kedaulatan dan keutuhan kita dari ancaman luar. Kita juga bisa menjaga stabilitas dan kesejahteraan kita dari gangguan dalam. Kita harus mendukung pemimpin yang bisa membangun ekonomi yang berkeadilan, yang bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan yang bisa memperkuat diplomasi internasional,” papar Andi Firman.

Sementara debat berlangsung, pendukung masing-masing paslon antusias dengan debat yang sedang disaksikan bersama. Mereka saling memberikan tepuk tangan, sorak-sorai, atau komentar-komentar sesuai dengan pandangan mereka. Suasana Warkop De’Ran pun menjadi semarak dengan adanya nonton bareng debat capres ini.

Andi Firman berharap, dengan adanya nonton bareng debat capres ini, masyarakat bisa lebih cerdas dan kritis dalam menentukan pilihan mereka pada pemilu nanti. Ia juga mengajak semua pihak untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, meskipun berbeda pilihan politik.

“Kita harus tetap bersatu sebagai bangsa Indonesia, jangan sampai terpecah belah karena beda pilihan. Kita harus hormat dan menghargai pilihan orang lain, dan jangan mudah terprovokasi oleh isu-isu yang bisa memecah belah kita. Kita harus menjaga demokrasi kita dengan damai dan bermartabat,” pungkas Andi Firman.

 

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA