oleh

Pelatihan Aplikasi PPID Tingkatkan Pelayanan Informasi Publik di Bombana

-Harapan-1106views

Bombana,HarapanSultra, COM / Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfos) Kabupaten Bombana mengadakan pelatihan khusus bagi administrator Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait pengelolaan informasi publik, Jumat (05/01/2024). Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas informasi publik yang disampaikan oleh OPD kepada masyarakat.

Fokus utama pelatihan adalah penguasaan Aplikasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), yang merupakan aplikasi resmi yang digunakan oleh pemerintah untuk mengelola informasi publik sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Fadlan S.Si., MM, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfos Bombana, memimpin pelatihan yang diikuti oleh lima OPD yaitu Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Sosial, Dinas Perindagkop dan UKM, Inspektorat Daerah, serta Dinas Pertanian.

“Pelatihan ini bertujuan memberikan pemahaman teknis mendalam terkait aplikasi PPID kepada administrator OPD, sehingga mereka dapat mengelola informasi publik dengan baik dan benar,” jelas Fadlan.

Menurut Fadlan, aplikasi PPID memiliki beberapa fitur penting yang harus dikuasai oleh administrator OPD,Peserta pelatihan juga tidak hanya diberi User ID dan Password, namun juga dibekali pemahaman teknis yang memadai agar mereka dapat menjalankan tugas sesuai dengan regulasi yang berlaku.

“Selain itu, peserta pelatihan juga diberi kesempatan untuk melakukan simulasi penggunaan aplikasi PPID dengan bimbingan dari Tim Kominfo ” Beber Fadlan.

Diharapkan, pelatihan ini akan meningkatkan pemahaman dan keterampilan administrator terkait aplikasi PPID guna memperkuat pelayanan informasi publik di Kabupaten Bombana. Dengan demikian, masyarakat dapat lebih mudah mengakses informasi publik yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di daerah.

“Kami berharap, dengan adanya pelatihan ini, administrator OPD dapat lebih aktif dan profesional dalam mengelola informasi publik, sehingga dapat meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi publik dalam pemerintahan,” tutup Fadlan.(KOMINFO)

 

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA