oleh

Pembangunan Jalan di Wakatobi Dua Jadi Prioritas Tahun Ini

Wakatobi, Harapansultra.com | Melalui Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang kabupaten Wakatobi, pembangunan jalan di Wakatobi II (Kaledupa, Tomia, Binongko) tahun 2020 ini akan menjadi titik prioritas.

Di ruang kerjanya, Kamis (13/2/2020) Kamaruddin mengungkapkan, Dana Alokasi Khusus sebesar kurang lebih 30 milyar yang diperuntukan untuk jalan sekitar 70 % akan diperuntukan guna pembangunan dan perbaikan jalan Kaledupa, Tomia dan Binongko.

Selain pembangunan jalan menggunakan DAK, upaya Pemda Wakatobi di masa Arhawi ini pembangunan jalan Wakatobi Dua dalam rangka penunjang pariwisata juga rencana akan melibatkan Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) di tahun mendatang.

“tahun depan PHJD ini kita akan arahkan ke Wakatobi dua. Kalau PHJD ini kita masih tergantung dari apakah kita masih diberikan kepercayaan tau tidak. Kita tetap optimis sebab tahun 2019 lalu program PHJD kita mampu laksanakan dengan baik bahkan mencapai 99,7 persen,”ucap Kamaruddin.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Kamaruddin di Ruang Kerjanya.

Kendati demikian, pemerintah kabupaten Wakatobi tidak bisa memaksakan untuk membuat jalan semulus jalan pulau di Wangi-wangi, sebab material dan alat-alat yang tersedia di Wakatobi dua belum memungkinkan. Termasuk salah satu kendalanya adalah Asphalt Mixing Plan (AMP). Sedangkan untuk membawa material dan alat-alat ke Wakatobi dua sementara masih terkendala Akses penyeberangan yaitu jembatan Fery.

“Apabila Pak Bupati telah memerintahkan agar jalan di Wakatobi dua untuk segera di hotmix maka apapun caranya harus diupayakan,”cetusnya.

Laporan ; Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA