oleh

Pembangunan Jembatan Penghubung Pulau Muna- Pulau Buton Bakal Segera Terealisasi

-Harapan-11.502views

MUNA, Harapansultra.Com | Kabar gembira untuk masyarakat Muna dan Buton setelah sekian lama dinantikan akhirnya kepastian pembangunan jembatan penghubung antara pulau Muna dan Buton Bakal Segera terwujud.

Hal tersebut terungkap setelah kujungan Direktorat Transportasi, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Sabtu (14/3/2020).

Dalam kunjungan itu, Tim Bappenas yang dipimpin Jainuddin, sekaligus bersilahturahmi di rujab Bupati Muna LM Rusman Emba ST.

Dari pantuan media harapansultra. com kehadiran Jainuddin di sambut langsung oleh orang namor satu dibumi sowite itu bersama para kepala OPD.

Kepada awak media, Bupati Muna Rusman Emba menuturkan Bahwa kedatangan tim Bappenas di Muna ini, membawah keberkahan bagi seluruh masyarakat.

“Kita sangat berterimakasih kepada beliau semoga silahturahmi ini berkepanjangan terus, ” Ucap Mantan ketua DPRD Provinsi Sultra itu.

Sementara itu, Jainuddin Dirjen Direktorat Transportasi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) pada saat ditemui sejumlah awak media menyampaikan bahwa pembangunan jembatan penghubung antara Pulau Muna- Pulau Buton dalam waktu dekat akan terealisasi.

Saat ini, prosesnya dalam pembuatan perencanaan konstruksi jembatan atau Detail Engineering Design (DED).

“Pembangunan jembatan Muna-Buton telah ditetapkan sebagai program strategis nasional yang telah tertuang dalam RPJMN 2020-2025,” ungkapnya.

Bila, pengerjaan DED telah tuntas, maka akan dilanjutkan dengan
pembangunan fisik jembatan.

“Tinggal menunggu DED nya saja. Anggaran sudah siap,” kata Jainuddin.

Jainuddin menambahkan selain jembatan Muna-Buton,  Bappenas juga memasukan jalan trans Muna dalam RPJMN.  Jalan tersebut nantinya akan terkoneksi dengan jembatan Muna-Buton.

“Status jalanya akan ditingkatkan menjadi jalan nasional. Pemkab tinggal membangun di sirip-sirip agar bisa terkoneksi dengan wilayah lain, ” ungkapnya.  

Bappenas juga berencana akan mengembangkan pelabuhan barang di kawasan Motewe.

“Yang dibangun bisa penambahan dermaga atau tempat penampungan barang,” tutupnya Jainuddin.

Pewarta : Borju

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA