oleh

Pemda Busel Gelar Bimtek Penyusunan LPPD.

 Batauga, HarapanSultra.COM | Pemerintah Kabupaten Buton Selatan melalui Sekretariat Daerah menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Kabupaten Buton Selatan Tahun 2020 yang berlangsung hari ini, Rabu, 19 Februari 2020 di Gedung Wisata Batauga.

Asisten Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Buton selatan Laode Mpute, saat membacakan sambutan Bupati Buton Selatan, memaparkan bahwa Pemerintah daerah mengucapkan selamat datang untuk para Narasumber dari Kementerian Dalam Negeri dan dan Inspektorat Provinsi Sulawesi Tenggara atas kehadirannya untuk memberikan Materi Bimbingan teknis kepada seluruh OPD.

Lampute menguraikan bahwa Penyusunan LPPD menjadi kewajiban mutlak bagi setiap pemerintah daerah termasuk Buton Selatan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan Pembangunan daerah dan hasil Laporan Penyelenggaraan pemerintah Daerah (LPPD) akan menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah pusat terhadap Pemerintah Daerah.

” Untuk itu kami menyampaikan pesan Bupati Buton Selatan, H. Laode Arusani, agar semua peserta benar benar serius dalam mengikuti Bimbingan Teknik guna peningkatan kapasitas sebagai Aparatur sipil Negara,” Sebutnya.

Sementara itu, salah satu Narasumber dari Kementerian dalam negeri, Panji Utama,SE saat wawancara dengan Wartawan Media harapan Sultra, menguraikan bahwa Dasar hukum pelaksanaan Bimbingan Teknis Penyusunan laporan penyelenggaraan pemerintahan Daerah aalah Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Pedoman penyusunan pelaksanaan evaluasi kinerja Pemerintahan daerah.

Peraturan pemerintah No 6 Tahun 2018, kata panji, merupakan tindak lanjut dari Undang-undang Nomor 23 Tahun 2004 Tentang pemerintahan Daerah, dimana pada pasal 191 ayat 1 menegaskan bahwa setiap Kepala Daerah wajib menyampaikan laporan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, hal ini sebagai bukti bahwa semua Kepala Daerah wajib meberikan laporan tahunan kepada Presien .

“Adapun mekanisme pelaporan sesuai ketentuan adalah Bagi Pemerintah Kabupaten Kota menyampaikan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah daerah melalui Gubernur dan Pemerintah Provinsi menyampaikan laporan Penyelenggaraan pemerintah daerah kepada menteri dalam negeri,“ katanya

Pejabat Fungsional Penyusun analisis kinerja Pemerintah Daerah pada kementerian dalam negeri ini menambahkan, Tujuan Penyampaian laporan penyelenggaraan pemerintah Daerah (LPPD) adalah agar pemerintah Pusat dapat mengukur sejauh mana perkembangan penyelenggaraan pemerintahan daerah serta kewenangan kewenangan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada daerah.

“Sehingga kedepanya akan melahirkan rekomendasi untuk penyusunan perencanaan tahunan baik perencanaan yang akan dilakukan oleh pemerintah Pusat maupun untuk perencanaan Pemerintah kabupaten dan provinsi,“ imbuhnya.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA