oleh

Pemerintah Kabupaten Bombana dan UIN Alauddin Makassar Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Guru.

Bombana,HarapanSultra, COM / – Dalam sebuah langkah signifikan menuju peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, Pemerintah Kabupaten Bombana telah mengambil inisiatif penting dengan menjalin kerjasama dengan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar. Kerjasama ini, yang berfokus pada Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk tahun 2024, telah diresmikan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang berlangsung di Ruang Dekan FTK UIN Alauddin Makassar pada Senin, 17 April 2024.

Penandatanganan MoU ini merupakan bukti konkret dari komitmen kedua belah pihak untuk memajukan pendidikan guru. Dekan FTK dan Kabag Kesra Bombana, yang diwakili oleh Marwia, S.Si, Sub Koordinator sosial ahli muda, telah menandatangani dokumen ini di hadapan rombongan Pemda Bombana, Wakil Dekan I, dan III, serta Ketua dan Sekretaris Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) UIN Alauddin Makassar.

Marwia, dalam pernyataannya, menekankan pentingnya kerjasama antara pemerintah daerah dan perguruan tinggi dalam mempersiapkan para guru yang berkualitas.

“Kami berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pelatihan dan pendampingan yang intensif bagi para calon guru,” ujar Marwia.

Bagian Kesejahteraan Rakyat, menurut Marwia, memiliki tanggung jawab penting dalam penyiapan, pengoordinasian, dan evaluasi kebijakan daerah di bidang keagamaan, kesejahteraan sosial, dan kesejahteraan masyarakat.

“Kerjasama ini tidak hanya menunjukkan komitmen pemerintah daerah terhadap pendidikan, tetapi juga merupakan langkah strategis dalam memastikan bahwa guru-guru di Bombana mendapatkan akses ke pendidikan profesional yang akan mempersiapkan mereka untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih baik dan berdampak positif bagi perkembangan pendidikan di Kabupaten Bombana” Urai Wiwi,sapaan akrabnya.

Dekan FTK, Dr Andi Achruh M Pd I, menyatakan bahwa kerjasama ini menandai sebuah era baru dalam pendidikan guru di Kabupaten Bombana.

“Dengan melalui kerjasama ini, para guru di Bombana dapat mengikuti PPG Dalam Jabatan dengan lebih efektif, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pendidikan di daerah Bombana,” katanya.

Lebih jauh,Dr Andi Achruh M Pd I,menuturkan,Kemitraan ini diharapkan akan menjadi model bagi kerjasama serupa di wilayah lain,

“Ini menunjukkan bagaimana sinergi antara pemerintah daerah dan institusi pendidikan tinggi dapat membawa perubahan yang signifikan dalam kualitas pendidikan guru dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.” Harap Andi Achruh.

 

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA