oleh

Pemkab Manggarai Timur Mulai Pembangunan Panggung Upacara di Lehong

Borong, HarapanSultra.COM | Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur melalui Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang (PUPR) mengadakan kegiatan peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan panggung upacara  di Lehong, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, (NTT) , Kamis, (5/09/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Bupati Manggarai Timur. Agas Andreas, Ketua DPRD. Matim Yeremias Dupa, Toko Adat, Toko Masyarakat, Kontraktor, dan seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Kepala Dinas PUPR, Yoseph Marto mengatakan untuk prencanaan pembangunan tersebut, untuk tahun anggaran 2019 tahap pertama dianggarkan sebesar 1,4 milyar, Sedangkan untuk Tahun Anggaran 2020 atau pembangunan tahap II bakal dianggarkan sebesar 1,25 miliar dengan konsultan perencana CV Graha Duta Lehong.

Pembangunan tersebut lajut Yoseph Marto dilakukan mengingat banyaknya kegiatan yang sifatnya publik dan membutuhkan ruang terbuka sehingga dengan pembangunan itu dapat digunakan untuk kegiatan-kegiatan tersebut.

” Tentu kita tahu persis pada saat mengadakan upacara hari lahir Negara Indonesia kita masih sibuk dengan hal-hal lain seperti pembuatan terop dan lain-lain, tetapi dengan dibangunnya gedung ini kita bisa gunakan untuk kegiatan upacara tersebut,” Tutur Marto

Direncanakan, gedung yang berada di pusat pemerintahan Kabupaten Manggarai Timur itu didesain untuk dua lantai, namun untuk tahap pertama sesuai dengan anggaran yang tersedia bakal dibangun untuk lantai satu dulu,  sedangkan untuk lantai dua dikerjakan tahun 2020 mendatang sekaligus dengan pemasangan atap.

” Di sekeliling bangunan ini kami akan membuat tangga-tangga raya, karna pada saat kegiatan vestifal tentu banyak orang yang datang menonton dan di bawah tangga tersebut ada ruang. Ruang itu fungsinya bisa digunakan untuk kegiatan pameran, dan kegiatan lainya,” Imbuhnya

Sesuai dengan arahan Bupati tambah Marto, bakal dibangun Food Center yang nantinya, Food Center ini bakal disewakan dengan harapan dapat mendatangkan PAD untuk Kabupaten Manggarai Timur.

Disamping itu, nantinya gedung tersebut juga dapat digunakan untuk kegiatan-kegiatan besar seperti Vestival Budaya, kampenya akbar dan ring satu dapat dilakukan sistem buka tutup dan dijadikan area parkir sehingga untuk kedepan semua acara-acara besar dapat dipusatkan di Lehong.

“Untuk sekema pembiayaan tergantung Bupati dan DPRD bagaimana prioritas-prioritas pembangunannya dan skema pembiayaannya kalau pembangunan ini kita mulai dengan anggaran 1,4 miliard seperti apa kita urutkan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah untuk bisa menyelesaikan pembangunan ini,” Terang Marto

Nantinya di area tersebut juga bakal dibangun sebuah Monumen sebagai pusat, dengan pola ruangan radial atau terpusat sehingga ke seluruhan titik orientasi pintu kantor, berorientasi pada pusatnya yaitu di monumen tersebut.

” Simbolnya bahwa apapun itu kita akan tetap berpusat pada  pusat monumen dan  kita juga konsisten pada rumah adat yang induknya sebagai Siri Bongkok.” Tutup Marto

Sementara itu, Bupati Manggarai Timur Agas Andreas SH, M.Hum mengatakan dirinya sangat menyambut baik atas dibangunya gedung upacara yang berpusat di Lehong. “Pembangunan gedung upacara ini akan dilakerjakan secara berkelanjutan setiap tahunnya,” Pungkasnya (Yustinus Darmoyuwono)

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA