oleh

Pemprov Sultra Gelar Pameran BUMDES, Butur, Busel dan Koltim Masuk yang Terbaik

Kendari, HarapanSultra.COM  | Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa terus melakukan upaya penyehatan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang ada diseluruh wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Salah satu Upaya penyehatan Pengelolaan Manajemen Bumdes yang dilakukan yaitu dengan menggelar kegiatan Pameran Badan Usaha Milik Desa yang dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan rapat Evaluasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) di Hotel Claro, kendari, Selasa, (17/12/2019).

Diakhir pelaksanaan pameran pihak Panitia langsung mengumumkan Pemenang Pameran Bumdes yakni Juara I diraih oleh Bumdes Perwakilan Buton Utara, Juara II disabet oleh Bumdes Perwakilan Kabupaten Buton Selatan, Juara III diberikan kepada Bumdes Perwakilan dari kabupaten Kolaka Timur.

Sementara untuk Harapan I diraih oleh Bumdes Perwakilan dari Kabupaten Kolaka,Juara Harapan II disabet oleh Bumdes Perwakilan dari kabupaten Konawe Selatan dan Juara harapan III diberikan kepada Bumdes Perwakilan dari kabupaten Konawe.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sulawesi Tenggara, Drs. H. Tasman Taewa, M,Si kepada awak media HarapanSultra.COM, menjelaskan bahwa Kegiatan Pameran Badan Usaha Milik Desa ini diikuti oleh masing-masing perwakilan Bumdes dari setiap Kabupaten di 15 Kabupaten se Provinsi Sulawesi Tenggara dengan mempromosikan berbagai hasil produk unggulan dari masing-masing Bumdes yang menjadi utusan tiap kabupaten.

” Adapun Tujuan pelaksanaan Pameran Bumdes yang baru digelar di Provinsi Sulawesi Tenggara ini adalah untuk memberi motivasi kepada seluruh Kepala Desa yang telah membentuk Badan Usaha Milik Desa agar terus berupaya melakukan penyehatan dalam pengelolaan Bumdes agar ke depan Bumdes yang telah berjalan dapat berkontribusi terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Desa sebagai salah satu sumber keuangan yang ada di tingkat Desa,”  Jelasnya.

Dihubungi secara terpisah, Tenaga Ahli Madya Pengelolaan Keuangan Desa dan Pengembangan Ekonomi Lokal (TAM PKD dan PEL) Provinsi Sulawesi Tenggara, Suwardi Abubakar, mengatakan Expo hasil kegiatan bumdes memberikan gambaran tentang sebuah management usaha yang dimulai dari desa. Berbagai potensi desa telah dikelola dengan cukup baik, hasilnya dapat dilihat saat Expo yang dilaksanakan saat ini.

” Adapun Produk yang ditawarkan, mulai dari madu, pembasmi hama Organik, pupuk organik cair dan padat, kripik hasil laut dan pertanian, kerajinan tangan, pengelolaan sampah pastik sampai dengan pengelolaan batu gunung dan tahun depan diupayakan Expo khusus bumdes dan menyiapkan outlet pemasaran di mall, bandara dan pelabuhan dan akan merambah pemasaran secara on line, sebagai upaya untuk meningkatkan pemasaran,“ ungkapnya.

Pewarta : Abady Makmur

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA