oleh

Pemulangan Jenazah Hariadin Disambut Isak Tangis Keluarga

-Harapan-11.018views
Keluarga korban saat serah terima jenazah

Wakatobi, Harapansultra.com | Jenazah warga asal Wakatobi, Sulawesi tenggara yang menjadi korban Abu Sayyaf di filipina selatan telah tiba, Jum’at (12/04/2019).

Kepulangannya disambut Isak tangis Keluarga dan Kerabat korban saat menyaksikan jenazah Hariadin dipulangkan ke kampung halamannya di kaledupa.

Keluarga beserta pemerintah daerah kabupaten Wakatobi menerima jenazah korban dari kementerian luar negeri yang diserahkan di pelabuhan Marina Wangi-wangi.

jenazah almarhum Hariadin dipulangkan dari kendari menuju wakatobi melalui jalur laut menggunakan speadboat Wakatobi bersinar.

Bupati Wakatobi saat penyerahan jenazah turut berbela sungkawa atas meninggalnya Hariadin.

“Saya atas nama seluruh masyarakat Wakatobi, mengucapkan dukacita yang mendalam semoga keluarga korban tabah menjalani dan semoga amal ibadah korban bisa diterima disisi Allah SWT,”haturnya.

Arhawi melanjutkan, pemerintah telah berupaya dalam penyelamatan sandera namun Naasnya Hariadin tidak mampu diselamatkan akibat kelelahan berenang saat berupaya meloloskan diri.

“Pemerintah kabupaten Wakatobi telah berupaya agar korban bisa bebas. Namum Tuhan berkata lain, dua warga Wakatobi korban penyenderaan itu hanya satu orang yang bebas dengan selamat,” ujar Arhawi, saat serah terima jenazah.

Sementara itu, Judha Nugraha, Kasubdit Direktorat Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI mengatakan, sudah menjadi kewajibannya untuk memberikan perlindungan terhapat WNI yang bekerja di luar negeri.

“Dua Orang WNI yang kami pulangkan hari ini namun satu dari dari mereka pulang dalam kondisi tidak bisa diselamatkan,”ujarnya.

Judha Nugraha menambahkan, pembebasan kepada WNI korban Abu Sayyaf ini merupakan korban terakhir. Ia melanjutkan, dalam kurun waktu 2016 hingga 2019, sebanyak 36 orang yang telah di sandera oleh kelompok Abu Sayyaf.

“meski ini yang terakhir, Kita tidak boleh lengah dari tindakan kelompok Abu Sayyaf ini,”harapnya.

Laporan ; Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA