oleh

Perayaan Natal Bersama di Bombana, Bukti Toleransi Umat Beragama

-Harapan-1292views

Bombana,HarapanSultra , COM / Perayaan Natal tahun ini di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, menjadi momen spesial bagi umat Kristiani di daerah tersebut. Pasalnya, pemerintah daerah dan aparat keamanan turut hadir dan memberikan dukungan dalam perayaan hari kelahiran Yesus Kristus itu.

Hal ini menunjukkan bahwa toleransi umat beragama di Bombana tidak hanya sekadar slogan, tetapi juga diwujudkan dalam tindakan nyata. Dalam amanat konstitusi, Negara menjamin kebebasan umat beragama bagi rakyatnya. Namun, di beberapa daerah, masih terjadi konflik dan diskriminasi terhadap kelompok minoritas.

Berbeda dengan Bombana, yang menjadi contoh bagi daerah lain dalam menjaga kerukunan antar umat beragama. Pada Jumat 29 Desember 2023 malam, di aula Tanduale kantor Bupati Bombana, umat Kristiani dari berbagai gereja dan denominasi berkumpul bersama untuk merayakan Natal.

Tidak hanya itu, mereka juga didampingi oleh Pejabat Bupati Bombana, Edy Suharmanto, serta jajaran Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkopimda), seperti Sekretaris Daerah, Ketua dan Wakil Ketua DPRD, Kapolres, Dandim, dan pejabat lainnya. Selain itu, hadir pula Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI-Polri, dan masyarakat umum yang beragama Islam.

Suasana di aula Tanduale malam itu sangat meriah dan harmonis. Cahaya lampu warna-warni menghiasi gedung, sementara lagu-lagu rohani mengalun indah di udara. Umat Kristiani bersyukur dan bergembira atas anugerah Tuhan yang telah memberikan kesempatan kepada mereka untuk merayakan Natal dengan semarak dan meriah.

Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kemendagri-RI ini dalam sambutannya, mengajak seluruh umat Kristiani di Bombana untuk menghayati makna Natal sebagai perwujudan cinta kasih antar sesama. Ia juga mengapresiasi toleransi umat beragama di Bombana yang telah terjalin dengan baik selama ini.

“Kami berterima kasih kepada seluruh umat Kristiani di Bombana yang telah bersama-sama menumbuhkan dan merawat kebersamaan dengan terus menyampaikan kedamaian di jemaat masing-masing. Kami juga berterima kasih kepada seluruh umat Islam yang telah memberikan dukungan dan kerjasama dalam perayaan Natal ini,” ucap Edy.

Suami dari Aeni Mutmainnah ini juga mengingatkan peran ASN dan TNI-Polri sebagai abdi negara dan abdi masyarakat untuk tetap menjaga integritas, loyalitas, dan dedikasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Ia berharap, dengan semangat Natal, mereka dapat menjadi agen pembawa damai sejahtera dan membantu pembangunan daerah.

“Harapan kami bagi umat Kristiani di Bombana, mari kita mempersiapkan diri bersama-sama mengisi dan melanjutkan pembangunan daerah ini, berpartisipasi aktif untuk menuju masa depan yang lebih baik. Mari kita jadikan momentum Natal ini sebagai media untuk memperbaiki kualitas diri, baik dalam beribadah memuliakan Tuhan, maupun dalam berinteraksi dengan sesama manusia,” PungkasĀ  Bung Edy,sapaan akrabnya.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA