oleh

Pilkada Wakatobi, KPU ; Belum Ada Calon Independen Yang Mendaftar

Wakatobi, Harapansultra.com | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara kini tengah membuka pendaftaran bagi bakal calon bupati yang ingin maju lewat jalur independen.

Ketua komisi pemilihan umum Wakatobi, Abdul Rajab mengungkapkan, penerimaan bakal calon independen kepala daerah telah tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 16 tahun 2019 tentang perubahan atas peraturan komisi pemilihan umum nomor 15 tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan gubernur, dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati dan/atau wali kota tahun 2020.

“Belum ada calon independen yang mendaftar hingga sekarang,”singkat Abdul Rajab saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at (21/2/2020).

Sedangkan, kata dia, pendaftaran penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon jalur independen bupati dan wakil bupati sudah dimulai sejak tanggal 19 hingga 23 Februari. Pendaftaran perseorangan yang akan mendaftar diri, perlu memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

“Pendaftaran perseorangan harus ada dukungan KTP masyarakat dengan jumlah dukungan 10 % dari jumlah DPT pemilihan terakhir. kami tetapkan sebanyak 7.906 dan itu harus tersebar tersebar minimal di lima kecamatan,” sambungnya.

Lebih lanjut Abdul Rajab mengungkapkan, pendaftaran jalur partai politik untuk dapat mengusung calon dan wakil bupati minimal mempunyai 5 kursi di DPR. Jika tidak, partai politik harus berkoalisi dengan partai lain.

“Pendaftarannya akan kita mulai pada 16 hingga 18 Juni mendatang. Penetapan pasangan calon akan diumumkan 8 Juli,”pungkasnya.

Laporan ; Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA