oleh

“Pj. Bupati Bombana Pimpin Langkah Menuju Kabupaten Layak Anak”

-Harapan-1134views

Bombana, HarapanSultra , COM / Rapat Koordinasi Tim Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak Tahun 2024 resmi dibuka oleh Pj. Bupati Bombana, Drs. Edy Suharmanto, M.Si, pada hari Kamis di Aula Kantor BAPPEDA Kabupaten Bombana. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha dalam memastikan pemenuhan hak-hak anak di Indonesia.Kamis ( 04/040/2024 )

Dalam pembukaannya, Pj. Bupati Edy Suharmanto menekankan pentingnya koordinasi antar semua stakeholder di daerah sebagai proses kunci dalam pengembangan Kabupaten Layak Anak, sesuai dengan mandat Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 dan Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2021.

“Kita semua memiliki kewajiban untuk menjadikan Kabupaten Bombana sebagai kabupaten layak anak, yang menjamin pemenuhan hak anak. Pemerintah Daerah harus merumuskan dan melaksanakan kebijakan di bidang perlindungan anak,” ucap Pj. Bupati.

Beliau juga menjelaskan bahwa anak-anak harus diberikan kesempatan yang maksimal untuk tumbuh dan berkembang, yang mencakup lima klaster utama: identitas anak, lingkungan keluarga, kesehatan dan kesejahteraan dasar, pendidikan, serta perlindungan khusus.

Pj. Bupati mengharapkan harmonisasi, sinergitas, dan kolaborasi antar perangkat daerah dan stakeholder terkait untuk mencapai target-target klaster tersebut.

“Saat ini, Kabupaten Bombana masih berada pada kategori inisiasi untuk Kabupaten Layak Anak, dengan harapan dapat mencapai Kategori Pratama atau Madya tahun ini.” Harap Edy Suharmanto.

Di akhir sambutannya, Pj. Bupati meminta seluruh pihak yang terlibat dalam rakor untuk memberikan informasi rinci tentang strategi yang telah dan akan dilaksanakan untuk mencapai status Kabupaten Layak Anak.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA