oleh

Pj. Bupati Bombana Serahkan Bantuan Alsintan dan Alat Pertukangan, Ini Tujuannya

-Harapan-1318views

Bombana,HarapanSultra , COM / Pj. Bupati Bombana, Drs. Edy Suharmanto, M.Si., menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan), sarana dan prasarana perikanan budidaya, perikanan tangkap, dan bina usaha, serta bantuan alat pertukangan kepada para kelompok tani, nelayan, dan UMKM di Kabupaten Bombana, Jumat (29/12/2023).

Penyerahan bantuan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di sektor pertanian, perikanan, dan industri kecil.
Acara penyerahan bantuan ini dilaksanakan di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Bombana dan dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah, antara lain Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bombana, Ardi, S.P.; Kapolres Bombana, AKBP Roni Syahendra, S.H., S.I.K., M.Si.; Dandim 1431/Bombana, Letkol Inf. Andi Irfandi, S.I.P.; Kejari Kabupaten Bombana, Agung Sugiharto, S.Kom., S.H.; Sekda Kabupaten Bombana, Drs. Man Arfa, M.Si.; para kepala OPD, staf ahli, dan asisten lingkup pemerintah daerah kabupaten Bombana; serta penyuluh, perwakilan kelompok tani, para pembudidaya ikan, dan UMKM.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Bombana mengatakan bahwa bantuan yang diberikan oleh pemerintah ini merupakan wujud komitmen dan perhatian pemerintah terhadap sektor pertanian, perikanan, dan industri kecil yang merupakan tulang punggung perekonomian daerah.

“Saya berharap, dengan adanya bantuan ini, walaupun masih dalam jumlah yang terbatas, akan dapat meningkatkan produksi dan produktivitas serta pendapatan petani, nelayan, dan UMKM, sehingga dengan demikian akan dapat membantu pemerintah dalam upaya mengendalikan inflasi, kemiskinan ekstrim, serta stunting seperti yang tertuang dalam delapan arahan Presiden Joko Widodo dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi.” Jelas Edy Suharmanto.

Tidak lupa ia juga mengingatkan kepada para penerima bantuan pemerintah ini, baik para kelompok tani, nelayan, dan UMKM, agar bantuan yang diserahkan ini dapat dirawat dan dimanfaatkan sebaik-baiknya, karena bantuan ini terbatas dan tidak semua kelompok berkesempatan mendapatkannya.

“Bantuan pemerintah yang diserahkan ini adalah bantuan gratis dan tidak diperjualbelikan serta digunakan bersama untuk kepentingan kelompok, dan suatu saat jika bantuan ini tidak tepat sasaran dan tidak sesuai dengan peruntukannya atau diperjualbelikan maka bantuan ini akan ditarik kembali, serta diproses sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.” Urai Edy Suharmanto.

“Saya berharap, agar dinas-dinas terkait yang berhubungan dengan bantuan ini untuk melakukan pengawasan dan evaluasi pemanfaatan bantuan ini.” Tegas pria kelahiran Bima tahun 1966 tersebut.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bombana, Ir. Muhammad Siarah, M.Si., yang menyatakan bahwa bantuan yang diberikan oleh pemerintah ini merupakan bentuk dukungan pemerintah terhadap pengembangan sektor pertanian, perikanan, dan industri kecil di Kabupaten Bombana.

“Dengan adanya bantuan ini, diharapkan usaha tani, nelayan, dan UMKM dapat lebih meningkat, baik produksi pertanian, hasil tangkapan nelayan, dan usaha pertukangannya. Dengan demikian, dapat memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bombana.” Ucap Mantan Sekretaris Dinas Pertanian Bombana Tersebut.

Muhammad Siarah juga mengapresiasi kinerja para penyuluh, kelompok tani, nelayan, dan UMKM yang telah berusaha meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi mereka.

“Tidak lupa saya mengimbau kepada para penerima bantuan untuk menjaga dan memelihara bantuan yang telah diterima, serta menggunakannya sesuai dengan fungsi dan tujuannya.” Tutup Siarah.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA