oleh

Prihatin Kondisi Bombana, LBH-R Sultra Ingatkan Pemkab Lebih Fokus

Bombana, HarapanSultra.COM | Lembaga Bantuan Hukum Rakyat Sulawesi Tenggara (LBH-R Sultra) prihatin terhadap Tata Kelola Pemerintahan Kabupaten Bombana yang dinilai carut marut, hal itu disampaikan LBH-R Sultra melalui Ketua Bidang Advokasi, Yudi Utama Arsyad, SM, (Selasa, 19/2/2019).

Menurutnya tata kelola pemerintahan yang belum sesuai harapan tersebut dapat terlihat jelas disektor pelayanan publik yang mendapat rapor merah dari Ombudsman Republik Indonesia belum lama ini terkait penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan publik secara nasional.

Belum lagi berbagai persoalan di daerah penghasil emas itu yang tak kunjung mendapat kepastian sehingga Pemkab terkesan melakukan pembiaran, seperti kasus dugaan pungutan liar yang terjadi pada Dinas Perhubungan yang tak jelas penanganannya, juga Rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara untuk mengembalikan ASN yang di nonjob dan dipindah tempat tugaskan  karena tidak sesuai aturan juga belum dilaksanakan.

” Persoalan di daerah ini sangat banyak, namun hingga kini belum jelas juga penanganannya” Beber Yudi

Tidak itu saja, LBH-R Sultra juga menilai pembangunan infrastruktur untuk menopang kesejahteraan masyarakat dibawah Kepemimpinan H. Tafdil dan Johan Salim khususnya pembangunan Jalan terkesan pengerjaannya hanya mengejar keuntungan semata sehingga kualitas pekerjaan tersebut sangat rendah.

Bahkan yang lebih memperihatinkan lanjut Yudi, adanya surat edaran dari Dinas Kesehatan Kab, Bombana tentang tata cara dan mekanisme memperoleh kartu indonesia sehat yang iurannya dibayarkan pemerintah kabupaten Bombana yang mengsyaratkan adanya keterangan rujukan dokter itu dinilai memberatkan masyarakat.

” Masa mesti sakit dulu baru Kartunya Bisa diurus, inikan lucu ” Tuturnya

Untuk itu, LBH-R Sultra berharap agar Pemkab Bombana lebih fokus lagi meningkatkan pelayanannya di sektor pelayanan publik dan pembangunan daerah dengan mengedapankan asas keadilan dan kepatuhan terhadap Hukum (Efendi).

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA