oleh

Rumah Warga di Wangsel Porak-Poranda Diterjang Angin Puting Beliung

Wakatobi,Harapan Sultra.COM | Lebih dari Sepuluh rumah warga Wangi-wangi Selatan, kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara porak-poranda akibat terjangan angin puting beliung pada dini hari pukul 03.30 Wita, Kamis, (02/01/2020).

Dari data sementara yang dihimpun oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Wakatobi, Kelurahan Mandati III terdapat 6 rumah milik warga rusak diantaranya, 3 rusak parah dan sebagian lainnya hanya rusak ringan. Sementara itu di desa Nelayan Bhakti dikabarkan ada 3 rumah yang rusak parah, 1 rumah di desa One Melangkah dan 1 rumah di desa Fungka.

Angin puting beliung juga membuat beberapa pohon tumbang dan menyebabkan baliho yang terpasang di pinggir-pinggir jalan rusak.

Salah satu korban angin puting beliung mengatakan saat angin menerjang rumahnya, dirinya masih dalam keadaan terlelap.

“Saya baru sadar setelah ditindas sama lemari, pas sadar saya baru tau ternyata rumah saya sudah rubuh. Saya coba selamatkan diri dan meminta pertolongan di rumah sebelah,”ungkap Nurhayati (47) warga desa Mandati III.

Belum dipastikan berapa kerugian yang diakibatkan namun dengan kejadian ini Ia mengaku sangat trauma dan berharap bisa mendapatkan pertolongan dari pemerintah setempat.

“Mudah-mudahan saja kondisi kami bisa dilihat sama pemerintah,” harapnya.

Selain itu, La Ode Baharudin yang juga rumahnya nyaris roboh mengungkapkan, saat rumahnya diterjang angin puting beliung, dirinya beserta anak istrinya masih sempat menyelamatkan diri.

“Hampir saja, untung kami sadar dan keluar rumah sebelum puing-puing rumah mulai berjatuhan karena angin,” tuturnya.

Bupati Wakatobi, Arhawi dan sejumlah SKPD terkait Saat Melihat Langsung Kondisi Rumah Korban

Kejadian tersebut telah ditangani oleh Tim SAR, Kepolisian dan dinas terkait. Kepala BPBD kabupaten Wakatobi, Muh. Yusuf mengatakan, timnya sedang turun lapangan menginventarisir jumlah korban.

“Kami sudah melakukan identifikasi dari rumah ke rumah. Dan sesuai dengan aturan langkah sementara kami lakukan akan memberikan bantuan darurat berupa sandang dan pangan,” Jelasnya. (ADM)

Laporan : Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA