oleh

Silaturahmi ke Pimpinan DPRD, TPPI P3MD Busel Usulkan Perda Aparat Desa

Batauga, HarapanSultra.COM | Kinerja Tim Tenaga Pendamping Profesional Indonseia (TPPI) pada Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Buton Selatan terus bergeliat.

Setelah melakukan Diskusi dengan Plt. Bupati Buton Selatan untuk meminta dukungan terhadap pelaksanaan tugas Pendampingan, kini Tim P3MD yang dibawa kendali Zainal Abidin,SE telah melakukan Koordinasi dengan Pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton Selatan, Selasa (3/9/2019)

Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Buton Selatan, Abady Makmur menuturkan, Kegiatan koordinasi dengan Unsur Pimpinan dan Anggoota legislatif itu bertujuan untuk meminta kepada Pihak legislatif agar menyusun dan menetapkan Peraturan Daerah tentang mekanisme dan Tata cara Pengangkatan dan pemberhentian serta Masa Jabatan Aparat Desa di Kabupaten Buton Selatan.

“Kegiatan koodinasi dengan Pimpinan dan anggota Dewan ini, bertujuan dalam rangka meminta dukungan rekan-rekan terkait regulasi yang berkaitan dengan Desa, salah satunya adalah Pihak P3MD meminta agar DPRD segera menyusun dan menetapkan Peraturan Daerah yang berkaitan mekanisme Pengangkatan, Pemberhentian dan masa jabatan Aparat Desa ” Tuturnya

Tenaga Ahli P3MD yang akrab disapa Bang AM ini menambahkan, bahwa Penyusunan dan Penetapan Peraturan Daerah terkait Tata cara Pengangkatan, Pemberhentian dan masa jabatan Aparat Desa sangat dibutuhkan oleh semua Pihak termasuk Aparat Desa dalam menjalankan tugas demi suksesnya Penggunaan Dana Desa.

Pertimbangan usulan terkait Penyusunan Peraturan Daerah yang terkait dengan Aparat didasarkan dengan banyaknya kejadian pemberhentian aparat Desa oleh Kepala Desa atau Penjabat Kepala Desa yang berakibat terhambatnya pelaksanaan kegiatan termasuk kegiatan yang menggunakan Dana Desa.

“Memperhatikan kejadian ini, dipandang perlu untuk mendorong rekan rekan DPRD untuk menyusun Perda terkait dengan hal itu agar semua aparat Desa memiliki kepastian dan kenyamanan dalam bekerja,” tambahnya.

Di tempat yang sama Ketua DPRD Kabupaten Buton Selatan, La Usman, mengatakan, bahwa terkait usulan dan saran dari Tenaga Ahli PMD Kabupaten Buton Selatan itu, akan disampaikan kepada anggota DPRD terpilih dan akan menjadi agenda pada Masa Sidang I pasca pengucapan sumpah dan janji sebagai anggota DPRD periode 2019-2024.

“Mengingat waktu sudah sangat mepet dan masih adanya agenda Pembahasan APBD Perubahan yang harus ditetapkan pada Bulan ini, maka apa yang menjadi saran Pak Abady Makmur akan saya sampaikan kepada Pak Sekwan dan rekan rekan yang akan dilantik dan efektifnya Penyusunan ini akan dilakukan setelah Masa Sidang I anggota DPRD Baru,” Pungkasnya (AM)

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA