oleh

SPAM IKK Napabalano Diresmikan, Penuhi Kebutuhan Air 1.000 KK

-Harapan-11.944views

MUNA, HarapanSultra.Coam – Bupati Muna, LM Rusman Emba bersama Wakil Ketua Komisi V DPR-RI. Ridwan Bae, dan Kepala Balai Prasana Pemukiman Sultra. Mustaba meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Ibu Kota Kecamatan (IKK) berkapasitas 10 liter per-detik yang berada di Desa Pentiro, Kecamatan Napabalano, Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin 6 Januari 2020.

Peresmian tersebut ditandai dengan serah terima Pengelolaan dan Pemanfaatan  SPAM IKK dari Balai prasarana permukiman wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) kepada Pemerintah Kabupaten Muna yang selanjutnya diserahkan ke PDAM untuk pemanfaatanya.

Kepala Balai Prasana Pemukiman Sultra. Mustaba saat membuka langsung kegiatan tersebut dalam sambutannya mengatakan bahwa pembangunan SPAM IKK ini tidak terlepas dari dukungan Wakil Ketua Komisi V DPR-RI, Ridwan Bae bersama Bupati Muna, LM Rusman Emba.

Dia menjelaskan SPAM ini bakal memenuhi kebutuhan air bersih untuk 1.000 kepala keluarga (KK) yang ada di wilayah tersebut.

“Kita mencatat di Napabalano sekitar 5.000 ribu jiwa. Mudah-mudahan tidak ada kendala dalam pendistribusian air bersih ke rumah warga,” Ungkapanya.

Untuk itu ia berharap kepada masyarakat di Kecamatan Napabalano agar SPAM tersebut dapat di jaga dan di manfaatkan sebaik-baiknya

Sementara itu, Bupati Muna LM Rusman Emba menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi serta berpartisipasi sehingga SPAM IKK ini bisa diadakan.

“Pemkab telah mengalokasikan anggaran untuk penyambungan pipa-pipa kerumah-rumah masyarakat. Nanti dibantu dengan Dana Desa (DD),” sebutnya.

Rusman, berharap semoga keberadan SPAM ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik baiknya.

Di temapat yang sama Ridwan Bae, Wakil Ketua Komisi V DPR-RI mengatakan bahwa SPAM ini di bangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Jadi saya berharap kepada masyarakat Kecamatan Napabalano agar bisa menjaga aset ini dan di manfaatkan sebesar  besarnya untuk kebutuhan bersama. Ini juga ke depan bisa menjadi potensi ekonomi baru bagi kita semua, ” tutupnya.

Pewarta : Borju

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA