oleh

Tahun Ini Kelurahan Dapat Kucuran Dana 1 Milyar

Wakatobi, Harapansultra.com | Sebanyak 25 Kelurahan di kabupaten Wakatobi tahun ini mendapatkan kucuran dana. Hal ini disampaikan Kepala Badan Keuangan dan Pengelolaan Aset Daerah (BPKAD), Juhaidin diruang kerjanya, Senin (3/2/2020).

Teralokasi melalui Anggaran, Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten Wakatobi tahun 2020, Dana yang kucurkan ke setiap kelurahan capai 1 milyar rupiah.

“Dana kelurahan ini bersumber dari dua mata anggaran. Pertama, dari Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan kisaran Rp 307 juta. Serta dari Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) Wakatobi kisaran Rp 700 juta,”ujar Juhaidin.

Ia menambahkan, dana kelurahan ini diperuntukkan untuk pembangunan sarana dan prasaran serta pemberdayaan masyarakat di tingkat kelurahan.

“Jadi totalnya itu lebih kurang Rp 1 milyar. Dimana ketentuan dari Permendagri 130, Pemda diberikan ketentuan sebesar Dana Desa (DD) yang paling terkecil. Maka DD terkecil di Wakatobi ini di Desa Pookambua yakni 700 juta” tuturnya.

Untuk pembangunan sarana dan prasaran lanjut dia, seperti di bidang pelayanan kesehatan, kemudian bidang pendidikan, serta transportasi.

“Kemudian untuk pemberdayaan diperuntukkan untuk pengelolaan kegiatan, kesehatan juga ada, kemudian di pendidikan, kemudian peningkatan usaha-usaha ekonomi mikro kecil, kemudian ketentraman ditingkat kelurahan itu sendiri. Tahun ini juga kita akan memastikan, sumber daya manusia di kelurahan sudah siap untuk mengelola dana kelurahan ini. Untuk itu kami akan mengadakan pelatiha-pelatihan,”harapnya.

Menyambut dana yang bakal masuk dikelurahan, salah satu lurah mengaku akan melibatkan masyarakat dalam pengelolaan dana tersebut.

“Tentu kita harus siap dan yang utama adalah bagaimana kita melibatkan masyarakat. Soal sumber daya manusia saya rasa kami cukup,”ucap Mus Idu, Lurah Mandati III.

Untuk diketahui, dana kelurahan di Wakatobi telah teralokasi melalui APBD Wakatobi dan telah ditetapkan lewat Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2019 dan Peraturan Bupati (Perbub) Nomor 328 tahun 2019 tentang penjabaran Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Wakatobi tahun 2020.

Laporan ; Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA