oleh

Tak Perlu Cemas, Arhawi Siapkan Armada Angkut Bahan Pangan Jika Lockdown

-Harapan-11.374 views

Wakatobi , Harapansultra.com | Bupati Wakatobi, Arhawi saat konferensi pers di ruang kerjanya, Senin (23/3/2020) mengatakan dirinya telah memikirkan kondisi terburuk dari merebaknya virus Corona (Covid-19) yakni langkah yang akan diambil pemerintah daerah jika ada keputusan mengenai lockdown dari pemerintah pusat.

Kendati Arhawi memastikan ketersediaan pangan terkhusus beras saat ini masih cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam waktu dua bulan ke depan, antisipasi kurangnya bahan pokok makanan terkhusus beras sudah dipikirkan terlebih dahulu. Arhawi mengatakan akan menghadirkan Armada kapal miliknya untuk mengangkut bahan pangan dari luar daerah ke Wakatobi.

“jika hal yang kritis bahwa stok beras di kabupaten Wakatobi sudah tidak ada lagi dan susah untuk kita datangkan dari luar karena akan lockdown, maka saya pun juga selaku Bupati Wakatobi akan berupaya bahwa semua armada yang saya miliki insya Allah saya akan hadirkan di daerah ini dalam rangka untuk mengatasi berbagai kelangkaan bahan pangan di kabupaten Wakatobi khususnya beras. Kita bisa kerahkan kapal untuk harus menghadirkan beras dari luar kabupaten Wakatobi seperti Kendari, Bau-bau maupun dari Maluku,”ucapnya.

Selain itu, kata Dia, Setelah ada surat edaran dari Menteri keuangan bahwa APBD bisa saja akan dilakukan perubahan untuk mengatasi pencegahan virus Corona ini, maka pemerintah daerah akan melakukan hal itu. Pemda akan berusaha semaksimal mungkin dan menggerakkan keuangan daerah untuk membeli apa saja yang menjadi kebutuhan masyarakat termasuk pencegahan penyebaran virus ini.

Sebelum terjadi hal demikian, Arhawi menghimbau kepada masyarakat agar tidak terlalu cemas dengan merebaknya Virus ini. Meski demikian Ia mengintruksikan agar seluruh masyarakat tetap berdoa dan berikhtiar serta mematuhi apa yang dihimbaukan pemerintah sehingga penyebaran Covid 19 ini tidak sampai ke pelosok negeri seperti Wakatobi.

“Setiap masyarakat yang datang di Wakatobi harus datang ke tempat tempat pelayanan kesehatan untuk memeriksakan kesehatannya terkhususnya masyarakat yang baru datang dari daerah daerah wabah Corona sehingga diharapkan tidak menyebarkannya di Wakatobi,”harapnya.

Laporan ; Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA