oleh

Transformasi Pengadaan Barang dan Jasa di Kabupaten Bombana: Sebuah Tinjauan Mendalam

Bombana, HarapanSultra, COM / Kabupaten Bombana, yang terletak di daerah pesisir di sudut pulau Sulawesi, telah menyaksikan transformasi signifikan dalam pengelolaan pengadaan barang dan jasa. Di tengah perubahan ini, sosok yang menonjol adalah Plt Kepala Badan UKPBJ Kabupaten Bombana, Dheden Sumardin, ST., M.M., yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Angkutan Perairan di Dinas Perhubungan Kabupaten Bombana.

Dengan pengalaman yang luas di bidang pengadaan barang dan jasa, Dheden telah memainkan peran kunci dalam peningkatan proses dan kebijakan yang terkait dengan pengadaan di daerah. Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, di bawah kepemimpinannya, bertanggung jawab atas berbagai fungsi penting yang mencakup:

  • Penyiapan Kebijakan: Membantu dalam perumusan kebijakan daerah yang berkaitan dengan pengadaan barang dan jasa, serta pengelolaan layanan pengadaan secara elektronik.
  • Koordinasi dan Pelaksanaan: Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas antar Perangkat Daerah dan memastikan pemantauan serta evaluasi yang efektif atas kebijakan yang telah ditetapkan.
  • Pembinaan dan Advokasi: Memberikan pembinaan dan advokasi dalam pengadaan barang dan jasa, termasuk pengelolaan layanan pengadaan secara elektronik.

Struktur organisasi Bagian Pengadaan Barang dan Jasa terdiri dari Sub Bagian Pengadaan Barang dan Jasa serta Kelompok Jabatan Fungsional. Sub Bagian memiliki tugas-tugas khusus seperti:

  • Inventarisasi dan Riset: Melakukan inventarisasi paket pengadaan dan riset pasar untuk menentukan strategi pengadaan yang efektif.
  • Manajemen Dokumen: Menyiapkan dan mengelola dokumen pemilihan serta informasi pendukung yang diperlukan untuk proses pengadaan.
  • Pemilihan Penyedia: Melaksanakan proses pemilihan penyedia barang dan jasa dengan transparan dan akuntabel.
  • Pemantauan dan Evaluasi: Mengawasi pelaksanaan pengadaan dan melakukan evaluasi untuk memastikan kepatuhan terhadap standar dan peraturan yang berlaku.

Kelompok Jabatan Fungsional, yang bertugas melaksanakan tugas teknis sesuai dengan bidang keahlian masing-masing, berkoordinasi langsung dengan Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Daerah.

Transformasi yang dipimpin oleh Dheden Sumardin mencerminkan komitmen Kabupaten Bombana untuk meningkatkan transparansi dan efisiensi dalam pengadaan barang dan jasa. Ini merupakan langkah maju yang signifikan bagi pemerintah daerah dalam mewujudkan tata kelola yang baik dan pelayanan publik yang lebih baik.

Dengan inovasi dan dedikasi yang ditunjukkan oleh Dheden dan timnya, Kabupaten Bombana menetapkan standar baru dalam pengelolaan pengadaan barang dan jasa, yang tidak hanya meningkatkan kualitas layanan tetapi juga memperkuat integritas dan akuntabilitas dalam pemerintahan daerah.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA