oleh

Vaksin Tiba di Wakatobi, Berikut yang Akan Pertama Kali Divaksin

Wakatobi, Harapansultra.com | Dikawal ketat oleh pihak Kepolisian, Sebanyak. 1.760 dosis vaksin telah tiba di Wakatobi, Sulawesi Tenggara didistribusikan melalui penyebarangan Kendari-wanci, Kamis (28/01/2021).

Vaksin jenis Sinovac ini langsung diterima oleh dinas kesehatan kabupaten Wakatobi dan kemudian disimpan di Refrigerator vaksin.

Meski belum pasti kapan waktu penggunaannya, rencananya, vaksin untuk mencegah penularan Covid-19 tersebut tidak lama lagi akan mulai digunakan.

“Sebelumnya, kita masih akan berkoordinasi dengan dinas Kesehatan provinsi baru kita adakan vaksinasi”,cetus kepala dinas Kesehatan kabupaten Wakatobi, Muliadin di ruang kerjanya, Jum’at (29/01/2021).

Muliadin mengungkapkan, pihak yang pertama kali yang akan divaksin secara simbolis ialah 10 orang pejabat, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

“Sepuluh orang yang pertama kali akan divaksin ini nantinya sebagai pencanangan dan sekaligus pembuktian bahwa vaksin ini tidak berbahaya”,ungkapnya.

Setelah itu, kata Dia, pihak yang akan divaksin ialah profesi yang rentan melakukan kontak dengan masyarakat yaitu tenaga kesehatan baik perawat hingga pegawai rumah sakit.

“Selanjutnya baru vaksin ini akan diberikan kepada masyarakat”,katanya.

Ia melanjutkan, vaksinasi tidak hanya dilakukan sekali, setelah vaksinasi pertama, menunggu 14 hari kemudian baru akan divaksinasi kembali.

Selain vaksin yang diterima pada gelombang pertama, jumlah vaksin diharapkan akan sesuai dengan jumlah jiwa sekabupaten Wakatobi yang berumur 18 hingga 59 tahun.

adapun orang yang tidak bisa diberikan vaksin Sinovac diantaranya, pernah terkonfirmasi positif Covid-19, wanita hamil dan menyusui, berada dibawah 18 tahun, tekanan darah diatas 140/90, mengalami gejala ISPA dalam 7 hari terakhir, ada anggota keluarga serumah yang kontak erat/suspek/konfirmasi dalam perawatan karena Covid-19, sedang mendapatkan terapi aktif jangka panjang penyakit kelainan darah.

Selanjutnya, pengidap penyakit jantung, mengidap kanker, kelainan darah, imunokompromais, defisiensi imun, dan penerima produk darah/transfusi, mengidap penyakit reumatik autoimun/rheumatoid arthritis, memiliki penyakit paru (asma, PPOK, TBC), mengidap penyakit hipertiroid/hipertiroid karena autoimun, mengidap penyakit autoimun sistemik, mengidap penyakit ginjal, mengidap penyakit saluran pencernaan kronis, mengidap HIV dan mengidap diabetes melitus.

Kendati demikian, dalam kondisi tertentu bisa diberikan vaksin Covid-19.

Laporan ; Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA