oleh

Wakapolres Bombana Ajak Masyarakat Peringati Hari Ibu dengan Memberdayakan Perempuan

-Harapan-1338views

Bombana,HarapanSultra . COM /   Wakapolres Bombana Kompol Reda Irfanda,S.H., S.I.K., M.H mengajak masyarakat untuk memperingati Hari Ibu ke-95 tahun 2023 dengan cara memberdayakan perempuan di berbagai bidang. Hal ini disampaikannya saat memimpin upacara di lapangan apel Mapolres Bombana, Jumat (22/12/2023).

Menurut Reda Irfanda, perempuan memiliki peran penting dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045, yaitu visi untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju dan sejahtera pada 100 tahun kemerdekaannya. Ia mengatakan, perempuan berdaya, Indonesia maju.

“Peringatan Hari Ibu adalah untuk mengenang dan menghargai perjuangan perempuan Indonesia dalam merebut dan mengisi kemerdekaan. Hal ini tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Hari Ibu dirayakan oleh seluruh masyarakat Indonesia baik di dalam maupun luar negeri setiap tanggal 22 Desember. Hari Ibu bagi bangsa Indonesia bukanlah “mother’s day”. Ini karena Hari Ibu didasari oleh momentum diselenggarakannya Kongres Perempuan Pertama pada 22 Desember 1928 di Yogyakarta.

“Kongres Perempuan Pertama merupakan sebuah titik penting pergerakan perempuan. Hal itu juga menandai babak baru bangkitnya gerakan perempuan Indonesia untuk berorganisasi secara demokratis tanpa membedakan agama, etnis, dan kelas sosial. Momentum bersejarah ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Ibu oleh Presiden Soekarno melalui Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional yang bukan hari Libur,” paparnya.

Reda Irfanda juga mengatakan, kaum perempuan tidak dapat berjuang sendiri. Karenanya, ia mengajak seluruh pihak yang hadir dalam upacara untuk terus memperkuat sinergi dan kolaborasi untuk memberdayakan perempuan di berbagai bidang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, PJU Polres Bombana, Para Kapolsek jajaran Polres Bombana, Personel Polres Bombana, Wakil Ketua Bhayangkari cabang Bombana Ny. Astry Damayanti Reda serta pengurus cabang Bhayangkari Bombana.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA