oleh

Wakatobi Canangkan Puskesmas Pariwisata

Wakatobi, Harapansultra.com | Sebagai daerah yang masuk dalam 10 top destinasi pariwisata nasional, kabupaten Wakatobi terus berbenah. Meningkatkan sumber daya manusia, dan menciptakan fasilitas pendukung termasuk dalam urusan pelayanan kesehatan.

Kepala dinas kesehatan, Muliaddin ditemui di ruang kerjanya mengatakan, tahun 2020 ini pemerintah kabupaten Wakatobi akan membangun dua Puskesmas Pariwisata melalui DAK Penugasan Kementerian Kesehatan. Rencananya akan di letakkan di desa Pada Raya Makmur, dan satu lagi diantara Waha dengan desa Waelumu.

“Jadi kedua Puskesmas ini untuk pengembangannya Wangi-wangi kita letakkan di bagian Pada, tentunya tujuannya adalah untuk memudahkan akses kesehatan bagi masyarakat di Tindoi raya dan satunya di Antara Waelumu dengan Waha dengan maksud untuk memudahkan akses kesehatan masyarakat se Waha Raya,”tuturnya, Senin (24/2/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wakatobi, Muliaddin

Penempatan Puskesmas Pariwisata di Wang-wangi tersebut menurut Muliaddin disebabkan pulau Wangi-wangi masih menjadi pintu masuk wisatawan yang datang berkunjung Wakatobi. Meski demikian, bukan berarti wilayah Wakatobi Dua tidak akan dibangun.

“Kedepan pembangunan Puskesmas Pariwisata akan dibangun di tiga pulau lainnya, kemungkinan berikutnya akan kita bangun di pulau Tomia sebab disana juga wisatawan sudah cukup banyak, dibanding dua pulau lainnya”cetusnya.

Ia melanjutkan, Puskesmas Pariwisata memiliki keunggulan dari Puskesmas pada umumnya, baik dari segi fasilitas kesehatan dan tenaga medis yang lebih komprehensif.

“Perekrutan tenaga medis tentunya melalui tes CPNS dan juga melalui sumber lain seperti program Nusantara sehat,”jelasnya.

Selain Pembangunan Puskesmas Pariwisata, pemerintah kabupaten Wakatobi tahun 2020 ini juga yang akan merehab empat Puskesmas. Diantaranya, Puskesmas di pulau Hoga Kaledupa, Puskesmas di One Moba’a Tomia, Puskesmas Runduma, dan di Puskesmas Wali Binongko.

“Rata-rata Puskesmas ini dari struktur bangunan sudah tidak layak. Sehingga hal ini juga akan menjawab visi dan misi dari pemerintah daerah,”pungkasnya.

Laporan ; Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA