oleh

Wangi-wangi Tuntas, Program Jalan Hibah Akan Bergeser Ke Wakatobi II

-Harapan-1283 views

Wakatobi,Harapansultra.com | Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara tahun ini bakal dituntaskan di pulau Wangi-wangi. Pada tahun mendatang, Program hibah dari Australia ini akan mulai bergeser ke Wakatobi II (Dua). Hal itu diungkapkan kepala dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kamaruddin di ruang kerjanya, Selasa (23/6/2020).

Kamaruddin mengatakan, pulau yang telah dilirik dari PUPR Wakatobi untuk mendapatkan PHJD tahun 2021 mendatang adalah pulau Tomia, hanya saja untuk membawa program penunjang pariwisata ini perlu ada peninjauan terlebih dahulu oleh Tim dari Australia.

“Wangi-wangi sudah cukup bagus jalannya, kalau hanya untuk perbaikan jalan nantinya. Kita tidak mesti menggunakan PHJD, kita bisa memakai anggaran lain,”cetusnya.

Dari sisi kelayakan, pulau Tomia menurutnya sudah sangat cukup. Baik dari segi Inlet maupun outlet pariwisata, aksesibilitas seperti bandara serta pariwisata yang sudah cukup tertata baik. Sedangkan untuk pulau lainnya, sembari menunggu PHJD pembangunan jalan akan tetap dilakukan menggunakan anggaran yang telah disediakan.

“Setelah disurvei, akan dilihat apakah Tomia layak atau tidak untuk mendukung pariwisata. Kalau bukan karena pandemi ini, Mereka sudah akan lakukan itu,”pungkasnya.

Untuk perbaikan jalan menggunakan PHJD, penunjang lain yang mesti dibuat di pulau Tomia perlu adanya Aspal Mixing Plant (AMP) untuk keperluan aspal Hot mix.

Laporan ; Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA