oleh

Bupati Arusani Tinjau Lokasi Longsor dan Banjir di Sampolawa

Batauga, HarapanSultra.COM | Bupati Buton Selatan H. La Ode Arusani, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK, Anggota DPRD dan Kepala OPD Lingkup Pemda Buton Selatan, meninjau lokasi tebing longsor di Kelurahan Jaya Bakti Kecamatan Sampolawa, Rabu (19/1/2021).

Cuaca ekstrem La Nina berupa curah hujan yang tinggi, angin kencang dan gelombang besar yang beberapa hari terkahir yang melanda sebagian wilayah termasuk Kabupaten Buton Selatan telah membawa dampak terhadap longsor, banjir dan abrasi terhadap pesisir pantai.

Bupati menyampaikan, wilayah yang terdampak diseluruh wilayah Buton Selatan baik itu longsor, banjir, abrasi pantai dan perahu nelayan akibat dari cuaca buruk ini untuk di data oleh OPD terkait guna mendapatkan perhatian dan menjadi bahan analisa selanjutnya, setelah kondisi ini kembali membaik.

Seluruh Masyarakat diharapkan senantiasa waspada dan memperhatikan himbauan dari BMKG guna mengurangi dampak dari kondisi ini. juga mengimbau kepada masyarakat yang bertempat di daerah perbukitan agar waspada akan tanah longsor.

“Untuk daerah yang serapannya kurang, agar waspada bencana banjir serta hindari bertempat di bawah pohon karna akan adanya angin kencang,” Ujar Arusani.

berdasarkan analisis terintegrasi dari data BMKG, perlu diwaspadai daerah yang diprediksi berpotensi gelombang laut yang tinggi, khususnya Wilayah Perairan Selatan Sulawesi Tenggara, seperti perairan Selatan Baubau, perairan Buton Selatan dan Utara Wakatobi dan perairan Timur Laut Banda yang masuk kategori akan adanya potensi gelombang tinggi terutama dua, tiga bahkan seminggu kedepan. (A3)

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA