oleh

Dua Bendera Sepanjang 75 Meter Membentang Dibumi Buton Selatan

Batauga, HarapanSultra.COM | Berbagai cara dilakukan masyarakat Buton Selatan untuk memeriahkan Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75 Tahun ini, salah satunya dengan membentangkan bendera sepanjang 75 meter, Senin (17/8/2020).

Bendera pertama dibentangkan di Desa Lawela, Kecamatan Batauga area Tugu Buton Selatan, Perbatasan Kabupaten Buton Selatan dengan Kota Baubau sedangkan bendera kedua dibentangkan di Bukit Langira, Desa Hendea, Kecamatan Sampolawa.

Plt. Kepala Desa Lawela, Marlia,S.Pd menuturkan bahwa Bendera di Desa Lawela dibentangkan oleh 75 anak usia sekolah yang terdiri dari siswa SD, SMP dan SMA serta Mahasiswa asal  yang diiringi dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan panduan grup paduan suara.

Pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 75 Meter di Desa Lawela
Pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 75 Meter di Desa Lawela

Selain Bendera dengan panjang 75 meter yang dibentangkan juga dilakukan pemasangan umbul-umbul yang merupakan hasil jahitan sendiri para Ibu PKK desa itu yang dikerjakan selama satu bulan lamanya.

” Bendera yang dibentangkan sepanjang 75 Meter ini merupakan bentuk kesyukuran Masyarakat Desa Lawela atas Kemerdekaan Republik Indonesia yang sudah memasuki usia 75 tahun,“ Tuturnya

Bendera kedua dengan ukuran sama yaitu sepanjang 75 meter dibentangkan di Bukit Langira, Desa Hendea Kecamatan Sampolawa yang membentang di atas dua bukit dengan ketinggian bukit sekitar 300 Meter dari permukaan laut yang dilakukan oleh komunitas Pecinta Alam dari Seluruh penjuru Buton Selatan dan dari Wilayah sekitarnya.

Sementara itu, di Bukit Lamando Desa Sandang Pangan, Kecamatan Sampolawa juga dilakukan Pelaksanaan kegiatan pengibaran Bendera Kebangsaan oleh Komunitas Pecinta Alam setempat yang diiringi dengan Lagu Kebangsaan sambil menggelar Penghormatan terhadap Sang Merah Putih.

Dikonfirmasi awak media ini, Sugianto,S.Pd salah satu Inisiator kegitan di Bukit Lamando mengatakan pengibaran bendera dilakukan sebagai wujud kecintaan dan kesyukuran atas kemerdekaan bangsa Indonesia yang telah berusia 75 tahun ini.

” Ini dilakukan sebagai wujud kecintaan terhadap Tanah Air dan bangsa Indonesia dimana telah berhasil dalam meraih kemerdekaan atas perjuangan para Pahlawan bangsa,” Tutur Pendamping Desa Kecamatan Sampolawa itu.

Pewarta : Abady

 

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA