oleh

Fasilitasi Petani Buka Informasi Pasar, Pemprov Sultra Gelar Pasar Lelang di Bombana

Bombana, HarapanSultra.COM | Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi menggelar kegiatan pasar lelang komoditas, bertempat di salah satu hotel di Ibu Kota Bombana, Rabu (07/04/2021).

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Provinsi Sulawesi Tenggara Ld. Muh Fitrah Arsyad mengatakan kegiatan lelang komoditas tersebut bertujuan untuk dapat menfasilitasi petani dalam hal membuka informasi pasar, karena selama ini para petani dinilai kurang mengetahui tentang informasi pasar.

“Kami berusaha mengumpulkan dan mempertemukan petani dan pembeli dalam kegiatan ini, mereka bisa langsung transaksi di tempat sehingga ada transparansi harga dan juga komitmen di antara mereka,” jelas Ld. Muh Fitrah Arsyad.

Ia menjelaskan ada 8 komoditi unggulan yang di pasarkan dalam kegiatan ini yaitu kepiting, kopra, jambu mete, udang, beras, terasi, kelapa dan coklat semuanya merupakan komoditi unggulan Sulawesi Tenggara .

Muh Fitrah Arsyad menyampaikan harapan dari Kadis Perindag Sultra Hj. Sitti Saleha kepada seluruh masyarakat Bombana agar dengan kegiatan lelang komoditas ini dapat mensejahterakan petani produsen di Bombana.

“Ibu Kadis berharap komoditi komoditi unggulan di Bombana bisa terekspose secara nasional maupun internasional,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Asisten II Setda Bombana, Muh Aris saat membuka kegiatan mewakili Sekda Bombana mengatakan, kegiatan pasar lelang bertujuan agar komoditas yang di kembangkan dapat dikelola dan di rasakan manfaatnya oleh peserta lelang serta bertujuan sebagai upaya pembangunan ekonomi di Kabupaten Bombana.

“Keberhasilan pasar lelang komoditas sangat ditentukan kesediaan dan kesiapan para stakeholder seperti kelompok tani, pemerintah daerah, swasta, perbankan serta instansi terkait lainnya,” kata Muh. Aris.

Selain itu tujuan diselenggarakannya pasar lelang komiditas antara lain menciptakan sistem perdagangan yang baik melalui transparansi mekanisme penentuan harga, peningkatkan efisiensi dan efektifitas sistem perdagangan serta upaya meningkatkan insentif bagi peningkatan mutu serta dan pendapatan petani produsen.

“Manfaat pasar lelang komoditas bagi petani akan memiliki kepastian harga, sehingga memungkinkan mereka merencanakan pola budi daya tanam dengan demikian petani lebih berkonsentrasi untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas,” pungkas Mantan Plt. Kadis Kominfo itu.

Pewarta  : Muh. Adnan

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA