oleh

Kasat Lantas Polres Bombana Ingatkan Pengguna dan Penjual Knalpot Racing Bisa Kena Sanksi Pidana

Bombana, HarapanSultra.COM | Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bombana terus mengimbau warga pengendara motor untuk tidak menggunakan atau memasang knalpot yang tidak sesuai dengan ketentuan atau knalpot racing (brong) karena selain menimbulkan polusi suara serta mengganggu ketertiban dan ketentraman masyarakat, pengguna knalpot racing juga akan dikenai sanksi dan denda.

“Bukan hanya pengguna, sanksi pidana berupa penjara maksimal satu bulan dan denda Rp 250 ribu juga diberikan kepada penjual spare part yang menyalahi ketentuan,” ujar Kasat Lantas Polresta Bombana AKP M.A Fajar saat di temui awak media di ruang kerjanya, Kamis (18/02/2021).

Ketentuan tersebut lanjutnya, tertuang pada pasal 285 ayat 1 Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Saat ini aduan masyarakat terhadap penggunaan knalpot racing ini sudah banyak kami terima, karena sudah sangat meresahkan masyarakat, sehingga Insya Allah dalam waktu dekat ini kami akan melakukan operasi knalpot racing termasuk kepada penjual spare part,” jelas AKP M.A Fajar

Sebagai bentuk pembinaan, Dikmas Satlantas Polresta Bombana telah mendatangi bengkel bengkel dan toko spare part yang menjual berbagai macam alat kendaraan untuk mengingatkan kepada mereka tentang sanksi pidana dan denda masalah penggunaan knalpot racing.

“Kami juga mengharapkan partisipasi dari semua kalangan baik itu dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama untuk bersama sama mengatasi hal ini, terutama juga peran aktif orang tua untuk selalu mengontrol anak anak nya,” harapnya.

Pewarta : Muh. Adnan

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA