oleh

Kemensos RI Monitoring BST di Buton Selatan

Batauga, HarapanSultra.COM | Kementerian Sosial R.I melalui Direktorat Penanganan Fakir Miskin Wilayah III melakukan monitoring penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) tahun 2020 untuk penanganan dampak covid-19 di Kabupaten Buton Selatan.

Tim monitoring dari Kemensos dipimpin oleh Bambang Priyatmaja dan Dwi Wijianto, sedangkan dari Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tenggara diwakili oleh Drs. Kaharuddin dan pendaping dari Dinas Sosial Buton Selatan turun langsung Kadis Sosial, Kabid Dayasos dan Kepala Seksi Kelembagaan Sosial

Kepala Dinas Sosial Buton Selatan H. Laode Taatlan, SH. mengatan Tim Kemensos bakal melakukan monitoring penyaluran dana baik yang melalui Pos Indonesia maupun melalui Bank Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA), sekaligus memonitoring penyaluran dana Kelompok Usaha Bersama (KUBE) APBN Tahun 2020 yang dilaksanakan mulai dari tanggal 22 sampai dengan 25 juli 2020.

” Sasaran monitoring BST titik pertama dilakukan di Kantor Pos Indonesia Baubau, titik kedua  Bank HIMBARA KCP BNI Batauga, sedangkan sampel uji petik yang diwawancarai dilapangan kepada KPM baik penerima BST via Pos Indonesia, Bank BNI dan BRI di lakukan di Kecamatan Batauga dan di Kecamatan Lapandewa,” Sebutnya.

Sedangkan untuk di Kecamatan Batauga dilakukan di Kelurahan Masiri, sedangkan di Kecamatan Lapandewa di pusatkan di Desa Burangasi Rumbia.

Dari hasil monitoring lanjutnya, petugas Kemensos, Dinsos Prov. Sultra dan Dinsos Kab. Buton Selatan, menilai secara umum pelaksanaan penyaluran BST diwilayah Kabupaten Buton Selatan dapat berjalan dengan baik, aman dan tertib serta tetap memperhatikan protokol kesehatan demi mencegah penularan covid 19.

” Total BST untuk Busel sebanyak 7.530 KPM,” Ujarnya.

Dari hasil wawancara tim Kemensos dengan KPM BST, ditemukan masih ada beberapa KPM yang belum mencairkan BST, baik di BNI maupun di BRI, dikarenakan pada saat dicek ke bank pada pertengahan bulan juli dananya belum masuk pada rekening.

” Untuk itu kami akan berkordinasi dengan pihak Bank Himbara,” Jelasnya

Sementara hasil monitoring KUBE yang berada di 3 desa yaitu Desa Gaya Baru, Desa Burangasi dan Burangasi Rumbia, Kecamatan Lapandewa telah mencairkan dana bantuan KUBE 2020, dan sudah membelanjakan semua bantuan tersebut sesuai proposal yang diajukan.

” Pendamping KUBE juga selalu mendampingi kelompok dari mulai pembuatan proposal, pencairan bahkan sampai dengan pembelanjaan kebutuhan kelompok,” Pungkasnya.

Laporan : Abady Makmur

 

 

 

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA