oleh

Kolaborasi Kerasi Pemuda Indonesia Untuk Wakatobi

-OPINI-1112 views

Penulis : Joko Azis Westomi, S.Pdi, M.Pd (Pemuda asal Wakatobi mengisi Wakil Bidang Kemaritiman Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) Periode 2018-2021).

 

Wakatobi merupakan salah satu daerah yang luas wilayahnya sebagian besar adalah laut. Bila kita menghitung dari total luas wilayah yakni sekitar 18.377 kilometer persegi, yang terbagi dari daratan seluas kurang lebih 823 kilometer persegi, dan luas perairannya kurang lebih 17.554 kilometer persegi. Artinya hanya sekitar kurang lebih 3 persen daratan dan selebihnya sekitar  97 persen adalah perairan laut.

Kondisi geografis inilah, bisa dipastikan bahwa arah pembangunan wakatobi itu harus berpihak pada pembangunan maritim yakni konektifitas perdagangan antar pulau melalui laut untuk kepentingan perdagangan, pengangkutan barang dan orang yang berhubungan dengan pekonomian.

Pemerintah wakatobi selama ini dari periode keperiode kepemimpinan telah berusaha dengan sekuat tanaga untuk mewujudkan pembangunan wakatobi di segala sector, tak terkecuali pembanguna maritim, ini bisa dilihat dari genjarnya pemerintah membangun sector kelautan, perikanan dan pariwisata, meskipun di akui masih terdapat banyak kekurangan, salah satunya adalah lambatnya konektifitas perdagangan antar pulau melalui laut untuk kepentingan perdagangan, pengangkutan barang dan orang yang berhubungan dengan pekonomian, yang berbuntut pada lambatnya pembangunan di darat yakni Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko.

Tetapi sebagai pemuda wakatobi dan juga pemuda Inonesia tidak juga serta merta harus melapas tangan dan atau berpuas diri dengan apa yang telah dibangun oleh pemerintah selama ini, apalagi sebagai pemuda hanya sibuk di media social menyaksikan roda pembangunan diputar oleh kalangan tua.

Pemuda merupakan komponen penting keberlangsungan pembangunan daerah dan Indonesia. Pemuda harus berani meluangkan waktu mengembangkan kapasitas dirinya, membangun koneksi baik local, nasional maupun Internasional agar bisa menjadi jembatan penghubung pembangunan daerah.

Sebagai putera Wakatobi, secara kebetulan mendapatkan amanah untuk mengisi posisi di bidang kemaritiman Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Indonesia (DPP KNPI) periode 2018-2021, berusaha melalui sinergisitas program-program DPP KNPI bersama pemerintah pusat yakni Kementrerian terkait bisa menjadi jembatan penghubung percepatan pembangunan daerah dan nasional.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA