oleh

Kunker Di Pulau Kawi Kawia, Bupati Arusani Target Bangun Sejumlah Fasilitas

Batauga, HarapanSultra.Com | Setelah melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Batuatas dua pekan lalu, Kini Bupati Buton Selatan H. Laode Arusani, melakukan kunjungan kerja di Pulau kawia kawia yang terletak di Perbatasan Kabupaten Buton Selatan Provinsi SuLawesi Tenggara dengan Kabupaten Kepulauan Selayar Provinsi Sukawesi Selatan, Senin, 2/11/2020.

Lawatan orang nomor satu di Buton Selatan di Pulau tempat burung ini duikuti Sebanyak 500 Orang yang merupakan utusan dari 70 Desa/Kelurahan dan SKPD yang datang dengan menggunakan 5 Armada kapal berkapasitas penumpang 150 orang.

Kunjungan Arusani di pulau yang hanya memiliki luas 3,8 Km itu didampingi oleh Ketua DPRD Kabupaten Buton Selatan, La Ode Armada, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buton Selatan, Ny. Hj. Ruhania Arusani, Sejumlah anggota DPRD, Kapolsek Batuatas, Danramil dan seluruh pimpinan SKPD

Ditemui disela sela kegiatan, Bupati Buton Selatan, La ode Arusani mengungkapkan bahwa kunjunganya ke pulau kawia kawia adalah untuk melakukan Penanaman Kelapa dan Pembersihan lingkungan dimana hal ini merupakan bukti dan komitmen Pemerintah Kabupaten Buton selatan untuk konsisten terhadap segala ketentuan peraturan perundang undangan.

Foto Bersama Kegiatan penanaman pohon kelapa di Pulau Kawi kawia
Foto Bersama Kegiatan penanaman pohon kelapa di Pulau Kawi kawia

Seperti diketahui bahwa pulau kawia kawia merupakan wilayah pemerintahan Kabupaten Buton Selatan berdasarkan Undang undang No 16 tahun 2014 tentang pembentukan Kabupaten Buton selatan di wilayah provinsi Sulawesi tengggara.

 ” Pulau yang memiliki jarak 83.3 mil dari Ibukota Kabupaten ini harus menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten.” ujar Ketua Dewan Pimpinan cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Buton Selatan ini

Arusani menambahkan, Sebagai wujud perhatian Pemerintah daerah atas wilayah yang diketahui pernah disengketakan di Mahkamah konstitusi pada beberapa tahun lalu, maka tahun 2021 pihaknya akan membangun sejumlah fasilitas.

”  Di tahun 2021, Pemerintah daerah akan membangun sejumlah fasilitas seperti Rumah Nelayan, Sekolah Taman Kanak kanak, Fasilitas Air Bersih, dan fasilitas lainya ” tambahnya.

Ditemui terpisah, La Arihi salah satu  Penduduk Desa Batu atas Barat Kecamatan Batuatas menyambut baik niat Bupati Buton Selatan untuk membangun Rumah Nelayan di pulau kawi kawia.

Menurut La Arihi, Bupati Arusani sangat perhatian dengan nasib Warga nelayan sehingga sebagai masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan menginginkan kepemimpinan Arusani di lanjutkan.

” Niat Bupati Arusani untuk membangun Rumah Nelayan disana merupakan bukti jika dia (Arusani.red) sangat perhatian dengan nasib Warga nelayan sehingga sebagai masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan kami menginginkan kepemimpinan beliau di lanjutkan,” imbuhnya

Pantauan media Harapan Sultra, kegiatan kunjungan Bupati di Pulau Burung itu di awali dengan Agenda foto bersama, penanaman kelapa oleh Bupati, Ketua DPRD, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buton Selatan, para Kepala Desa/Lurah dan Terakhir kegiatan pembersihan sampah sampah di kawasan pesisir pantai.

Pewarta : Abadi Makmur

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA