oleh

Manfaatkan Alsintan Bantuan, Kelompok Tani Anugrah Jaya Apresiasi Perhatian Distan Bombana

Rumbia, HarapanSultra.COM | Setelah menerima bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) berupa pompa air dengan kapasitas mesin sebesar 35 PK dengan besar pipa yang digunakan untuk menyedot air sebesar 8 inci, Kelompok Tani Anugrah Jaya Desa Anugrah, Kecamatan Lantari Jaya merasa sangat terbantu untuk menyelesaikan persoalan kekurangan air yang dihadapi petani di kelompok tersebut selama ini.

Ditemui disela sela uji coba penggunaan mesin Pompa air, Ketua Kelompok Tani Anugrah Jaya. Ansar Achmad mengapresiasi kinerja dinas Pertanian Kabupaten Bombana yang dinilai peka terhadap kebutuhan para petani.

” Bantuan yang seperti ini sangat dibutuhkan petani yang memiliki sumber air sungai namun tidak memiliki bendungan sehingga airnya harus disedot naik ke areal pertanian untuk dimanfaatkan,” Ujar Ansar Achmad, Rabu (14/10/2020)

Hanya saja lanjut ansar, setelah dilakukan uji coba mengalirkan air ke areal persawahan ternyata banyak air yang terbuang karena irigasi yang dimiliki masih darurat yang dibuat secara swadaya oleh para petani sendiri.

“Mudah mudahan kedepan, Dinas Pertanian dapat menganggarkan untuk pembuatan drainase sehingga penggunaan air dari pompa dapat maksimal dan dinikmati lebih banyak anggota kelompok,” Jelasnya

Jika sistem drainasenya baik lanjut Ansar, air dari pompa tersebut dapat mangaliri hingga lebih dari sepuluh hektar areal pertanian.

“Tinggal pengaturannya dengan anggota kelompok, yang pasti dengan bantuan ini kami sebagai petani merasa bersyukur dari berterima kasih kepada pemerintah,” Pungkasnya (IS)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA