oleh

Memperkenalkan Kearifan Lokal Suku Moronene Lewat Lagu

Bombana, Harapansultra.com | Beragam cara dilakukan para seniman lokal Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara untuk memperkenalkan budaya dan kearifan lokal daerah setempat.

Salah satunya adalah Yusuf Alison Barthimeus (46), Pemenang sayembara lagu Mars Kabupaten Bombana itu secara intens memperkenalkan kearifan lokal Suku Moronene sebagai suku pertama yang mendiami daerah itu melalui lagu lagu berbahasa daerah ciptaannya.

Aparatur Sipil Negara (ASN) disalah satu intansi di Bombana tersebut mengatakan dirinya telah menciptakan beberapa lagu berbahasa Moronene diantaranya yang berjudul Wonuaku Dakawasa, Leu Meboboto, Tapuhahi yang dapat dinikmati melalui kanal YouTube : Wonuaku Bombana Studio.

” Tujuannya sangat sederhana, saya sangat ingin Wonua Bombana terkenal dengan potensi dan kearifan lokalnya, terkenal bukan hanya di Nasional bahkan di Mancanegara,” ujar Yusuf Alison Barthimeus, Kamis (11/2/2021).

Ia menceritakan, dirinya menginisiasi penciptaan lagu daerah selain untuk meneruskan apa yang telah dilakukan oleh almarhum ayahnya R Simson Barthimeus yang juga merupakan salah satu pencipta lagu lagu berbahasa moronene, ia melihat masih minimnya putra daerah yang menciptakan lagu tentang potensi daerahnya.

“Ini merupakan keterpanggilan sebagai putera daerah untuk melestarikan budaya dan memperkenalkan kearifan lokal suku Moronene,” jelasnya

Untuk menciptakan sebuah lagu menurutnya tidak membutuhkan waktu yang lama, cukup beberapa hari saja sudah selesai namun untuk membuat aransemen membutuhkan waktu yang relatif lebih lama.

“Sebab harus menyesuaikan nadanya,” rincinya.

Ketika awak media ini berkunjung ke Wonuaku Bombana Studio yang beralamat di Jalan Mesjid Raya No. 20, Kelurahan Kasipute, Yusuf Alison Barthimeus dengan ramah menyambut dan untuk memenuhi permintaan sebuah lagu dengan apik Jari jemarinya begitu lincah memainkan gitar sambil bernyanyi lagu ciptaanya sesekali tersenyum dan menggelengkan kepala isyarat penuh semangat.

 

Pewarta : Muh. Adnan

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA