oleh

Pemkab Busel Dorong Perencanaan Pembangunan Daerah Terintegrasi

Batauga, HarapanSultra.COM | Pemerintah Kabupaten Buton selatan mendorong pentingnya dilakukan perencanaan pembangunan daerah yang terintegrasi pada penyusunan program kegiatan tahun 2022.

Hal tersebut disampaikan Sekertaris Daerah Kabupaten Buton Selatan, Drs. La Siambo saat meberikan sambutan mewakili Bupati Busel pada acara pembukaan Musyawarah forum antar SKPD, yang digelar hari ini, Senin (29/3/2021) bertempat di Gedung Lamaindo, Batauga.

Mantan Camat Kabaena Timur itu meminta kepada seluruh SKPD untuk mengintegrasikan semua perencanaan pembangunan baik Perencanaan antar SKPD maupun perencanaan pembangunan Kabupaten dengan perencanaan Pembangunan Kecamatan dan Desa atau Kelurahan.

“Melalui kesempatan ini saya atas nama Pemerintah meminta kepada semua SKPD untuk mengintegrasikan semua perencanaan pembangunan baik Perencanaan antar SKPD maupun perencanaan pembangunan Kabupaten dengan perencanaan Pembangunan Kecamatan dan Desa atau Kelurahan,” harap La Siambo.

Dikonfirmasi ditempat yang sama, Tenaga Ahli Kementerian Desa, PDTT yang membidangi Pemberdayaan Masyarakat Desa, Abady Makmur, S.IP, SH mengatakan bahwa untuk mencapai output atau tujuan pembangunan yang berkelanjutan maka merupakan suatu keniscayaan adanya perencanaan yang terintegrasi antara perencanaan yang disusun secara teknokratik dengan perencanaan yang disusun secara partisipatif.

Perencanaan yang disusun secara teknokratik kata mantan Sekertaris Desa ini merupakan suatu perencanaan yang disusun oleh semua SKPD sedangkan perencanaan yang disusun secara partisipatif merupakan suatu perencanaan pembangunan yang terlebih dahulu melibatkan warga desa melalui musyawarah desa (Musdes)

“Dengan mengintegrasikan semua perencanaan pembangunan dalam rangka penyusunan Rencana kerja SKPD dan rencana kerja Pemerintah Daerah, akan memudahkan semua pihak untuk mencapai tujuan pembangunan yang berbasis masyarakat.” singkat Mantan Aleg dua periode itu. (AM)

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA