oleh

Pemkab Muna Bersama Koperasi Produsen Sugi Patani Agro Kirim Perdana 44 Ton Jagung Hybrida ke Blitar

MUNA, Harapansultra.Com | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna bersama Koperasi Produsen Sugi Patani Agro melepas pengiriman perdana 44 ton jagung hybrida ke Blitar, Jawa Timur (Jatim), bertempat di Desa Komba-Komba, Kecamatan Kabangka, Kabupaten Muna (Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (15 Juni 2020).

Dalam sambutannya Bupati Muna, LM Rusman Emba mengajak masyarakat untuk terus menanam jagung kuning hybrid karena saat ini Pemkab telah menjalin kerja sama dengan Kementrian Pertanian (Kementan) untuk kebutuhan bibit, alat pengering dan gudang sehingga para petani akan sangat dimudahkan.

“Kami akan terus mendampingi petani mulai dari penanaman hingga pemasaran. Insya Allah lewat program jagung kuning akan meningkatkan perekonomian petani,” Ucapannya.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Muna, La Ode Anwar Agigi menjelaskan, 44 ton jagung yang dikirim merupakan tahap awal dari orderan 100 ton perusahaan ayam petelur di Blitar. Selanjutnya, sisanya akan dikirim pada tahap kedua.

Perusahan ayam petelur penerima jagung Muna lanjutnya adalah mitra bisnis dari PT. Datu Nusa Agribisnis (DNA) yang telah menjalin kerjasama pengembangan komoditi jagung kuning dengan Pemkab Muna sejak 10 Maret lalu.

“Lokasi pengiriman di Blitar ini perusahan ayam petelur di Indonesia. Tiap harinya kebutuhan pakan jagung mencapai 1.000 ton dan Pihak perusahaan sudah siap akan menerima pasokan dari Muna,” ungkap Anwar.

Untuk harga beli yang disepakati Rp 3.500 per kilogram dengan kadar air 15 persen. menurutnya Itu jauh dari harga jual di Makassar yang hanya mencapai Rp 3.100 per kilogramnya.

“Sehingga dari harga di Blitar itu, koperasi sudah bisa mendapat keuntungan Rp 400 per kilogramnya,” Jelas La Ode Anwar Agigi.

Sementara itu, Kepala Balai Karantina Kelas II Kendari. N. Prayatno Ginting, menyampaikan bahwa kualitas jagung di Kabupaten Muna tidak diragukan lagi.

Menurutnya Berdasarkan verifikasi mutu yang dilakukan Balai Karantina Pertanian Klas II Kendari, jagung hybrida asal Muna kualitasnya sudah layak untuk di ekspor.

“Kualitasnya terjamin dan layak di ekspor,” Sebutnya.

Dari Pantuan awak media harapansultra.com pengiriman perdana itu dilepas langsung oleh Bupati Muna, LM Rusman Emba yang disaksikan Ketua DPRD, La Saemuna, Pj Sekda, Muhamad Djudul, Kadis TPHP, La Ode Anwar Agigi dan Kepala Balai Karantina Pertanian Klas II Kendari, N. Prayatno Ginting.

Pewarta : Borju

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA