oleh

Program PKTD Desa Waindawula Buton Selatan, Kembalikan Kejayaan Jeruk Siompu

Batauga, HarapanSultra.COM | Pelaksanaan Program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) di Desa Waindawula, Kecamatan Siompu, Kabupaten Buton Selatan (Busel) Provinsi Sulawesi Tenggara diarahkan pada pengembangan Jeruk Siompu sebagai salah satu produk unggulan desa karena dinilai telah menjadi icon setempat dan dikenal luas hingga ke Nusantara.

Acara Launcing Program PKTD, Sabtu (27/3/2021) yang dipimpin langsung Bupati Buton Selatan, H. Laode Arusani, diawali dengan penanaman Jeruk siompu oleh Bupati didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Buton Selatan Hj. Waode Ruhania, Camat Siompu Haeruddin dan sejumlah Kepala Desa dan para Perangkat Adat.

Kepada awak media ini, Kepala Desa Waindawula, Sudirman menjelaskan kegiatan program PKTD yang dilakukan dengan melibatkan masyarakat setempat merupakan hasil musyawarah desa tahun 2020 yang ditetapkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) Tahun 2021 sehingga dituangkan dalam APBDes 2021.

“Programnya diarahakan pada kegiatan pembersihan lahan dan pemeliharaan perkebunan Jeruk Siompu dan perlu diketahui bahwa Jeruk Siompu ini merupakan salah satu Icon yang sudah dikenal di Nusantara,” ujar Sudirman

Kepala Desa dua periode ini menguraikan, apa yang diprogramkanya itu merupakan salah satu upaya melaksanakan salah satu arahan prioritas Dana Desa tahun 2021. dimana PKTD merupakan upaya pelaksanaaan SDGs desa dalam memberikan penguatan ekonomi masyarakat desa, terlebih di masa sulit pandemi Covid-19.

“ Ini merupakan upaya pelaksanaaan SDGs desa dalam memberikan penguatan ekonomi masyarakat desa,” tandasnya.

Pewarta : Abady Makmur

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA