oleh

Puluhan Rumah Terendam Banjir, BPBD Bombana Dinilai Lamban Bantu Warga

Bombana, HarapanSultra.COM | Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bombana dinilai lamban membantu warga saat terjadi bencana banjir di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Rumbia Tengah, Kabupaten Bombana, Minggu (22/03/2021).

Berdasarkan informasi yang dihimpun awak media ini, hujan yang berlangsung hanya sekitar satu jam itu menyebabkan sungai yang berada di perbatasan Desa Tapuahi dan Kelurahan Kampung Baru meluap hingga merendam puluhan rumah warga.

Kiki Arsita salah satu warga yang usahanya terkena dampak banjir mengeluhkan lambannya respon BPBD dalam mengantisipasi dan membatu warga saat banjir melanda, sehingga warga kalang kabut menyelamatkan barangnya.

“Dari tadi belum ada orang bencana alam (BPBD.red) yang datang lihat lihat kita, yang ada cuman petugas Damkar dan Tagana yang datang bantu kami membersihkan,” keluh Kiki Arsita.

Hal senada diungkapkan Ramang, ia menyebut musibah Banjir di daerah itu sudah terjadi dua kali atau sejak tahun lalu dan warga telah berulang kali menyampaikan kepada pihak yang berwenang bahwa seharusnya saluran air diperluas atau tanggulnya dipertinggi agar mampu menampung debit air saat hujan.

“Ini belum dilakukan, akibatnya banjir makin parah, bahkan sekarang kedalaman rendaman air sampai 1,5 meter,” keluh Ramang.

Pantauan awak media ini setelah banjir surut, warga sibuk membersihkan rumahnya masing masing.

Pewarta : Muh. Adnan

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA