oleh

Siapkan SDM Pendata SDGs, TPP Busel OJT Puluhan Pendata

Batauga, HarapanSultra.COM | Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kabupaten Buton Selatan tidak main main dalam mengawal suksesnya pelaksanaan Pemuktahiran Data Sustinable Develovment Goals (SDGs) Tahun 2021 di Kabupaten Buton Selatan dengan memberikan On the Job Training (OJT) kepada Tim Pendata se Kecamatan Lapandewa, bertempat di Gedung Serbaguna Desa Lapandewa, Senin, (22/3/2021).

Tenaga Ahli Perencanaan Partisipatif (TA-PP) Busel, Amiruddin Majid, SP menjelaskan bahwa dalam pendataan yang berbasis RT tersebut akan diarahkan untuk mengisi 4 Rangkap Quisioner yang terdiri dari Quisioner Individu, Quisioner Kepala Keluarga, Quisioner RT dan Quisioner Desa.

“Keempat Rangkap Quisioner itu, memuat semua data baik yang ada dalam Aplikasi SDGs maupun data tambahan yang dibutuhkan oleh OPD,” ujar Amiruddin.

Sementara itu, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa (TA-PMD) Busel, Abady Makmur, S.IP, SH yang didaulat membuka Acara Pelaksanan OJT yang dihadiri 89 peserta itu menjelaskan mengenai pentingnya pelaksanaan Pemuktahiran Data SDGs dalam rangka mewujudkan Satu Data Untuk Indonesia dan satu Data untuk Kabupaten Buton Selatan guna kepentingan pihak pihak yang terkait dalam.menentukan kebijakan pembangunan yang berkelanjutan.

Mantan legislator dua periode ini mengharapkan agar semua Tim Pendata dapat melaksanakan tugas secara tuntas dan dapat dipertanggung jawabkan karena hasil pendataan SDGs ini akan menjadi acuan bagi semua Pihak dalam menentukan prioritas pembangunan yang akan diperuntukkan di Desa.

“Hasil pendataan ini nantinya tidak hanya akan digunakan oleh Pihak Kementerian tetapi juga akan menjadi rujukan dan acuan bagi seluruh OPD di Buton Selatan dalam mendorong terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan,” tegas Abady Makmur

Suasana OJT
Suasana OJT

Di tempat yang sama, Pendamping Desa Tehnik Infrastruktur Desa (PDTI) Kecamatan Lapandewa, Wa Ode Sitti Ratna Desrianti, ST mengaku sangat berterimakasih atas kehadiran TAPM, PDP dan PLD serta semua Tim Pokja Pendata untuk mengikuti OJT

Kegiatan tersebut dimaksudkan dalam rangka memahami tata cara pendataan dan pengisian 4 quisioner yang ada dalam Aplikasi SDGs.

“Kami berharap agar Semua Kepala Desa mengawal dan menyukseskan Pemuktahiran Data SDGs tahun ini,” singkat Waode Sitti Ratna Desrianti. (AM)

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA