oleh

Tahun 2021, Pemkab Busel Bangun Rumah Nelayan Di Pulau Kawi Kawia

Batauga, HarapanSultra.COM | Perhatian Bupati Buton Selatan H. Laode Arusani terhadap wilayah perbatasan Kabupaten Buton Selatan dengan Kabupaten Kepulauan Selayar, tidak diragukan lagi Pasalnya beberapa waktu lalu, Bupati bersama seluruh unsur forum komunikasi pimpinan daerah, Pimpinan SKPD, Camat, Kepala Desa Lurah dan BPD se Kabupaten Buton Selatan melakukan kegiatan Kunjungan kerja di Pulau Kawia kawia Kecamatan Batuatas.

Pada kunjungan dengan menghadirkan sekitar 500 orang di pulau yang memiliki banyak burung itu, dilakukan Penanaman kelapa sebanyak tiga ratus pohon dan dilanjutkan dengan kegiatan pembersihan sampah sampah di garis pantai sepanjang 1.3 Km

Dikonfirmasi disela Sela kegiatan penanaman kelapa di sepanjang bibir pantai Pulau Kawi Kawia, Bupati Buton selatan, H. Laode Arusani mengatakan bahwa pada tahun 2021 Pihaknya akan membangun 120 unit Rumah Nelayan di Pulau yang berukuran 3.8 Km.

” Rumah Nelayan nantinya akan diperuntukkan bagi warga yang mata pencahariannya sebagai nelayan dan belum Memilki rumah dengan perioritas warga 7 Desa di Kecamatan Batuatas, namun demikian tidak menutup kemungkinan warga dari Kecamatan lain akan kita berikan kesempatan jika ada yang mau bermukim di Pulau ini,” Ujar Bupati Arusani

Arusani juga menambahkan, selain akan membangun rumah nelayan, pihaknya juga akan membangun fasilitas pendidikan seperti Taman Kanak kanak, Sarana Air bersih dan sarana kesehatan (Pustu) yang akan di anggarkan perencanaanya pada perubahan APBD tahun 2020 ini.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Buton selatan Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Supi Hisanuddin, S, Sos., M.Si mengatakan pembangunan Rumah Nelayan di pulau Kawi Kawia bakal tetap mempertimbangkan keutuhan lingkungan dengan menjaga ekosistim yang ada.

” Sehingga rumah nelayan nantinya akan dibangun dengan menggunakan bahan dari kayu,” Singkatnya.

Pewarta : Abady Makmur

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA