oleh

Tiga Hari Dibuka, Wisata Jembatan Lingkar Lapoili Raup PAD Belasan Juta

Batauga, HarapanSultra.COM | Perlahan tapi pasti, Desa Desa di Kabupaten Buton Selatan terus bergerak dan berbenah untuk meningkatkan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat desanya. Sebutlah Desa Wawoangi Kecamatan Sampolawa misalnya, Desa ini benar benar memaksimalkan penggunaan Dana Desa yang digelontorkan dari Pemerintah pusat sejak Tahun 2015 hingga sekarang.

Salah satu kegiatan yang didanai dari Dana Desa yaitu Pembangunan Obyek Wisata Jembatan Lingkar Lapoili yang dibangun sejak Tahun 2017 dengan menggunakan Anggaran Dana Desa.

Ditemui di Kediamanya, Selasa, (4/8/20) Kepala Desa Wawoangi, Laode Abdul Halim, SH menuturkan jika Bangunan yang diperkirakan bakal menelan anggaran sebesar 12 Milyar hingga selesai itu telah dibuka dan dimanfaatkan sebagai tempat wisata oleh masyarakat sekitarnya.

” Jembatan Lingkar Lapoili yang dibuka penggunaanya sejak tiga hari terakhir yakni tanggal 31 Juli hingga 2 Agustus 2020, sudah dikunjungi sebanyak 4.936 pengunjung dengan hasil Pendapatan asli Desa sebanyak  15.950.000 rupiah,” Tutur Kepala Desa yang baru saja menyelesaikan studi di salah satu Universitas ternama di Kepulauan Buton itu

Lebih jauh La Ode Abdul Halim menguraikan bahwa Bangunan Jembatan Lingkar itu akan dilengkapi dengan Restoran, Home Stay dan banguan penunjang lainya dengan maksud agar pengungjung dapat menikmati kenyamanan saat berkunjung.

” Oleh karena itu, Pemerintah Desa berharap agar Dinas Pariwisata Kabupaten Buton Selatan dapat membantu Pemerintah Desa dalam mempromosikan Obyek Wisata ini agar dikenal di luar Sulawesi tenggara,“ harapnya.

Dikonfirmasis terpisah Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Buton Selatan La Ode Harwanto, S.Pd,MM mengungkan bahwa pihaknya telah mendiskusikan mengenai dukungan Pemerintah Kabupaten dengan Kepala Desa Wawoangi.

Menurutnya, dalam berbagai event, Pihaknya selalu mengangkat dan mempromosikan jembatan lingkar Lapoili sebagai salah satu dari 12 obyek wisata unggulan yang ada di Buton Selatan.

Bahkan tanggal 1 agustus 2020 telah bersama sama team RCTI melakukan shooting bersama presenter RCTI untuk Acara MENAPAKI BUTON SELATAN.

” Sedangkan untuk infrastruktur tambahan kami juga sudah melaksanakan survey apa apa yang harus di benahi dan segera di bangun seperti fasilitas toilet, tempat wudhu dan Mushollah, tempat jajanan kuliner sehingga tinggal ekseskusi terakhir yang akan kami sampaikan kepucuk pimpinan dalam hal ini Pak Bupati,” Pungkasnya

 

Pewarta : Abady Makmur

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA